Mengenal Gejala Awal Sinusitis dan Cara Mencegahnya

Sinusitis dapat menyerang kepada siapa saja termasuk anda, untuk mecegah penyakit ini, sebaiknya ketahui ciri-ciri dan gejalanya sekarang juga, sebelum terlambat dan belum pada tingkat keparahan.

Mengenal penyakit sinusitis lebih dalam.

Sinusitis merupakan penyakit  rongga sinus yang berada di belakang hidung, pipi dan mata manusia, jika organ sinus ini terinfeksi virus maka akan menimbulkan rasa sakit di bagian wajah, hidung sampai bagian mata.

Untuk lebih jelasnya lagi anda bisa lihat gambar berikut :

Mengenal Gejala Awal Sinusitis dan Cara Mencegahnya

Kita bisa melihat, setidaknya ada 4 rongga sinus di bagian wajah, di dekat mata atau di dekat hidung dan pipi.

Jika organ sinus tersebut terinfeksi, maka rongga-rongga tersebut akan di penuhi oleh lendir-lendir yang menyebabkan sempitnya rongga, sehingga menimbulkan rasa sakit di bagian wajah.

Penyebab Sinusitis 


Kurangnya menjaga kebersihan dan pola hidup kurang sehat menjadi pemicu timbulnya berbagai macam penyakit. sehingga virus dan bakteri bisa masuk dengan mudah ke tubuh manusia.

Terlalu sering berada di daerah yang memiliki tingkat polusi tinggi juga sangat rentan terkena penyakit pernafasan seperti : Sesak nafas , Paru-paruBronkitis , Sampai sinusitis.

Namun secara mendalam penyakit sinusitis terjadi akibat virus/ bakteri masuk ke rongga pernafasan sampai ke organ sinus, sehingga dinding-dinding sinus terinfeksi dan menimbulkan peradangan yang cukup serius.

Gejala Sinusitis


Penyakit sinusitis akan menimbulkan gejala yang berbeda-beda setiap individu. namun setidaknya enam gejala berikut sudah cukup untuk mendiagnosis orang terkena sinusitis.
  • Sakit Kepala di sertai demam
  • Nyeri Di bagian Wajah
  • Hidung mampet
  • Keluar Lendir Kuning Kehijauan
  • Kehilangan Indra Penciuman
  • Nafas akan terasa bau
Sinusitis berdasarkan tingkat keparahan

Setidaknya ada tiga kondisi yang di kelompokan pada tingkat keparahanya, ketiganya memiliki ciri dan kharakteristik yang berbeda beda, berikut ketiga jenis sinusitis berdasarkan tingkat keparahan.

  1. Sinusitis akut

    Penyakit sinusitis akut akan timbul secara tiba-tiba tanpa gejala, menimbulkan rasa nyeri di bagian wajah, pipi dan hidung serta keluar lendir kuning kehijau-hijauan, kondisi tersebut bisa bertahan sampai 14 hari hingga sebulan lebih.

    Jika tidak segera diobati, sinusitis akut akan semakin parah dengan timbulnya rasa sakit yang seperti ditusuk-tusuk terus menjadi-jadi di bagian wajah bahkan sampai ke mata, sehingga indra penciuman penderita terganggu dan sulit untuk mencium bau dan mengecap rasa.

  2. Sinusitis Kronis

    Berbeda dengan kondisi sinusitis kronis, kondisi tersebut sudah berada pada tingkat keparahanya, sehingga dapat memperburuk keadaan.

    Pada kondisi tersebut, infeksi di rongga sinus akan semakin parah dengan timbulnya pembengkaan di daerah Hidung, Pipi dan Mata, sehingga lendir akan bercampur nanah, akibat dinding sinus sudah terkikis oleh bakteri yang sudah menjalar.

    Kondisi parah tersebut dapat meninbulkan penderita merasakan leher kaku, penglihatan ganda, serta deman yang tinggi.

  3. Sinusitis Kambuhan

    Berbeda dengan kedua kondisi di atas, sinusitis kambuhan sedikit tidak berbahaya, namun akan timbul secara tiba-tiba dalam rentang waktu yang cukup lama, keadaan pada sinusitis kambuhan tidak terasa begitu sakit, namun ketika bakteri menyerang sinus, akan memunculkan efek sakit secara tiba-tiba.

    Kondisi tersebut akan sangat menjengkelkan ketika penderita sedang melakukan aktivitas, karena rasa sakit dan mampet bisa menggangu aktivitas harian penderita.

Cara mencegah sinusitis


Terlalu banyaknya faktor dan penyebab sinusitis menjadikan anda bingung, harus bagaimana mencegah penyakit sinus supaya tidak menyerang. Namun setiaknya cara-cara berikut bisa membantu anda dalam mencegah penyakit sinusitis supaya tidak menyerang tubuh anda.

Cara berikut ini memang sangat sepele, namun jika di biarkan sangat beresiko tertular berbagai macam penyakit yang bisa hinggap di tubuh anda, kapan saja dan dimana saja.

#1.Gunakan Masker Ketika Kendak Berkendara atau Bekerja

Di daerah perkotaan khususnya, polusi udara menjadi faktor utama timbulnya berbagai macam penyakit, kendaraan bermotor dan asap pabrik menjadi pemicu terbesar timbulnya polusi udara.


Ketika anda sedang berkendara akan ada ribuan virus dan radikal bebas bertebaran di udara, secara tidak sadar, anda menghirup ribuan bakteri dan virus yang berpotensi sebabkan berbagai macam penyakit.

Oleh sebab itu, jika anda sedang berkendara khususnya roda dua, atau anda bekerja di pabrik yang memiliki polusi tinggi, maka di wajibkan untuk senantiasa menggunakan masker penutup wajah, untuk menghindari, virus-virus yang berpotensi menyebabkan penyakit khusunya sinusitis.

#2. Rutin Berolahraga minimal 2 kali Dalam Seminggu

Olahraga diyakini sebagai kegiatan yang baik untuk kesehatan tubuh, karena jika tubuh kita sehat dan bugar, maka radikal bebas dan virus-virus penyebab penyakit tidak akan mudah masuk dan menyerang tubuh manusia.


Ada beberapa kesalahan yang sering di lakukan oleh beberapa orang,yang menganggap bahwa olahraga itu menjaga kesehatan, sampai-sampai tiap hari olahraga bahkan dengan porsi yang cukup berat,seperti naik turun gunung, lari berkilo-kilo meter sampai mengangkat beban yang sangat berat.

Jika memang orang yang baru menjajah dunia oleh raga , terlalu berlebihan bisa menyebabkan dampak buruk bagi kesehatan, karena otot-otot akan bekerja ekstra sampai pada tahap maksimal, sehingga menyebabkan cidera serius, serta stamina yang terus terpakai akan menyebabkan tubuh menjadi drop dan melemah.

Olahraga dengan porsi yang cukup, menjadi solusi terbaik untuk anda menjaga kesehatan tubuh, minimal anda 2 kali berolahraga dalam seminggu, atau setiap hari dengan porsi olahraga yang sedang minimal 30 menitan.

Berolahragalah di waktu yang baik seperti, pagi dan sore hari, karena pada waktu tersebut cuaca sangat sejuk dan hangat sehingga baik baik anda yang ingin mencegah penyakit sinusitis serta baik pula untuk mencegah penyakit paru-paru basah

#3.Hindari makanan berlemak yang kurang higienis dan konsumsi makanan yang bergizi.

Ketika kita di jalan, rasa lapar yang tak tertahankan sering menjadi pola makan yang salah, karena ketika masih di jalan, kita sangat jarang menemukan nasi atau makanan padat bergizi, sebaliknya kita akan mencari makanan yang berada di emperan jalan yang tidak terjamin kebersihanya.

Namun tidak semua makanan yang di jual di jalanan tidak higienis, makanan yang tidak ditutupi atau yang banyak di hinggapi oleh lalat merupakan makanan yang harus anda jauhi, karena makanan seperti itu sudah terkontaminasi dengan oleh polusi dan bakteri, sehingga makanan tersebut sangat rentan menyebabkan penyakit.


Sebaliknya anda harus mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi, maksimalnya sih anda harus bisa mengkonsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna, namun jika memang tidak mampu, setidaknya anda mencukupi kebutuhan tubuh anda, seperti karbohidrat, protein dan vitamin.

Untuk jenis makanan, semua tergantung selera anda, jika karbohidrat biasanya di dapatkan dari nasi, gandum atau sagu, untuk protein bisa di dapatkan pada makanan kacang-kacangan seperti tempe, tahu sampai daging-dagingan.

#4.Konsumsi suplemen kesehatan yang alami tanpa menimbulkan efek samping

Memang suplemen makanan tidak di wajibkan untuk setiap orang, namun untuk beberapa orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh kurang atau yang memiliki perkejaan cukup berat dan menguras stamina, maka suplemen bisa menjadi pembantu dalam menambahkan asupan sumber enegri yang di butuhkan oleh tubuh.

Selain itu, suplemen makanan juga bisa menangkal radikal bebas yang hendak memasuki tubuh manusia, sehingga sangat cocok dan baik untuk mencegah sinusitis dengan mengkonsumsi suplemen makanan.

Cara Mengobati Sinusitis Sampai Sembuh


Mungkin dari anda ada yang terkena sinusitis, namun jangan cemas, karena sinusitis dapat diobati dan bisa sembuh, asalkan anda berusaha dan sabar dalam menghadapinya.

Untuk masalah mengobati, sekarang sangat banyak cara dan metode yang di gunakan, baik itu secara medis maupun tradisional, kebanyakan dari kita akan langsung ke dokter ketika hendar sakit. untuk melakukan pengobatan.

Namun cara tradisional juga tak boleh di pandang sebelah mata, karena sekarang banyak produsen kesehatan yang kembali beralih pada cara tradisional.

....namun bukan cara pembuatanya yang tradisional, tetapi penggunaan bahan-bahan tradisional dan diolah dengan teknologi canggih, sehingga bisa memadukan antara cara modern dan tradisional.

Metode tersebut sangat ampuh, bahkan cara tersebut sangat populer dan sudah banyak yang merasakan khasiat nya. sampai-sampai obat tradisional sekarang ini bisa menyembuhkan penyakit tanpa operasi.

Tentu anda ingin mengetahuinya bukan, disini saya sudah merangkum artikel cara mengobati sinusitis sampai sembuh total , di sana saya jelaskan berbagai macam pengobatan yang bisa anda gunakan.

Posted By :

Ahlinya Pengobatan :
0852-2182-6910 ( Telp/Sms/WhatsAPP )
BBM D337E3B0 ( 24 JAM )

0 komentar:

Posting Komentar