5 Khasiat Bawang dayak yang belum anda Ketahui !

Manfaat Bawang Dayak Untuk kesehatan -  Bagi masyarakat tanah kalimantan mungkin sudah tidak asing lagi dan mengenal bawang dayak, namun di luar itu banyak orang yang belum mengenal tanaman yang banyak tumbuh di lembah kalimantan ini. padahal jenis tanaman ini banyak memiliki khasiat yang luar biasa untuk mengobati berbagai macam penyakit.

5 Khasiat Bawang dayak yang belum anda Ketahui !

Sebelum mengulas manfaat dari bawang dayak ini, sebaiknya anda harus mengenal terlebih dahulu apa itu bawang dayak.

Bawang sabrang atau masyarakat dayak biasa menyebutnya dengan “bawang hutan atau bawang kambe” adalah salah satu species bawang yang berasal dari Amerika latin.Tanaman ini banyak tumbuh di daerah pegunungan dengan tinggi antara 600–1500 mdpl. di indonesia bawang ini tumbuh subur di daerah kalimantan, sehingga orang-orang banyak menyebutnya jenis bawang ini dengan sebutan bawang dayak. karena dayak merupakan salah satu suku terkenal di daerah tersebut.

Tanaman ini tergolong pada jenis umbi umbian karena buahnya tertanam di dalam tanah, tanaman bawang dayak memiliki ciri khas dari daunya yang berbentuk pita dengan panjang sekitaran 15-20 cm lebar 3-5 cm dan hampir mirip dengan tanaman palem. bunganya putih dan memiliki 5 sampai 6 kelopak.


Bawang dayak sejatinya memiliki kandungan senyawa aktif luar biasa sehingga bisa memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh manusia. senyawa aktif yang terkandung dalam bawang dayak ialah  alkaloid, steroid, glikosida, flavonoid, fenolik, tanin, dan saponin semua senyawa itu sangat berguna untuk mencegah tumbuhnya sel kanker, anti-inflamasi dan anti-peradangan,

Hasil Uji klinis Bawang Dayak oleh Para Ahli

Semua itu telah di buktikan dengan uji klinis oleh Prof.Dr.Sukrasno seorang ahli farmatologi dari Intitut Teknologi Bandung (ITB) beliau menyebutkan " Bawang sambrang/dayak memiliki kandungan antikosidan yang sangat tinggi untuk pencegahan kanker serta memiliki zat alisin untuk mencegah terjadinya pengentalan darah sehingga membantu dalam mengatasi penyakit darah tinggi .

Dengan kedua kandungan tersebut sangat baik untuk mencegah berbagai macam penyakit inflamasi dan peradangan, seperti Penyakit radang Ginjal, Infeksi saluran Pernafasan, dan lain sebagainya.

Sehingga sangat baik dikonsumsi dalam jangka panjang sebagai pencegahan juga pengobatan alami dalam mengatasi berbagai macam penyakit.

Berikut Khasiat Bawang Dayak Untuk mencegah dan mengobati berbagai macam penyakit.

#1.Penyakit Pernafasan


Senyawa yang terkandung pada bawang dayak di percaya mampu menghambat peradangan yang menjalar ke dalam paru paru, biasanya bakteri akan masuk ke dalam organ paru dengan cepat sehingga bisa menyebabkan berbagai masalah seperti infeksi saluran pernafasan (ISPA), Penyakit Bronkitis, dan penyakit asma.

#2.Anti-Kanker


Bawang dayak memiliki kadar antioksidan tinggi, yang berguna untuk mencegah berbagai macam radikal bebas yang bisa masuk ke tubuh kita. Selain itu senyawa saponin, glikosida dan flavonoidnya mampu menghambat tumbuh nya sel-sel penyebab kanker. sehingga sangat cocok bagi anda untuk mencegah berbagaimacam penyakit salah satunya kanker.

#3.Mengobati Flu dan demam


Zaman dahulu suku dayak sering tinggal dan menetap di pedalaman, namun daya tahan tubuh mereka sangat kuat sehingga jarang sekali terkena penyakit. mungkin itu sebuah opini, namun suku dayak menjadikan bawang sabrang/dayak sebagai obat herbal untuk mengatasi berbagai macam penyakit, karena kandungan antioksidan yang tinggi mampu membunuh bakteri dan virus penyebab flu . jadi bukan tidak mungkin jika kondisi fisik suku dayak sangat kuat karena sering mengkonsumsi bawang ini.


#4.Membantu Mencegah penyakit TBC


Penyakit TBC biasanya timbul karena virus atau bakteri yang menjalar ke dalam paru-paru sehingga dapat merusak organ paru-paru. Dengan bawang dayak virus dan bakteri bisa teratasi, karena tanaman ini memiliki kadar antibakteri yang cukup kuat untuk melawan penyakit dan senyawa aktif nya bisa mensterilkan racun/toksin yang terkandung pada tubuh anda.

Cara Mengolah Bawang Dayak Menjadi Obat Tradisional


Sekarang sudah banyak pengolahan bawang dayak sebagai obat herbal dalam bentuk kemasan, namun anda lebih baik menggunakan bawang dayak asli sebagai obat tradisional untuk mengobati berbagai macam penyakit.



Pengolahan yang cukup mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja menjadikan obat tradisional bawang dayak dijadikan sebagai pengobatan alami. karena selera orang berbeda beda maka saya akan menyajikan 3 cara mengolah bawang dayak  sebagai obat tradisional.

Dimakan langsung

Bawang dayak tidak seperti bawang merah atau putih yang memiliki bau menyengat, tetapi bawang dayak memiliki bau dan rasa sedikit hambar dan segar, sehingga sangat cocok untuk di konsumsi langsung, atau anda bisa menjadikan bawang dayak sebagai lalapan untuk menemani makan anda.

Di Seduh Dengan Air Hangat

Selain di makan anda juga bisa mengkonsumsi bawang dayak sebagai minuman herbal, untuk mengolahnya anda bisa iris tipis-tipis bawang dayak, lalu tuangkan air panas namun jangan air yang baru mendidih karena senyawa aktif yang terkandung didalamnya akan rusak. 

Supaya tidak terlalu hambar, anda bisa tambahkan madu murni sebagai bahan pemanis alami, karena madu murni juga memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh, jadi sangat baik dikombinasikan dengan bawang dayak.

Sebagai manisan atau gorengan

Cara ini memang tidak di sarankan, karena jika bawang dayak sudah melalui proses pengolahan maka akan mengurangi kadar senyawa aktif didalamnya, namun jika camilan bawang dayak di maksudkan untuk mengganti camilan lain maka sangat di sarankan.

Anda bisa olah bawang dayak menjadi manisan atau olahan camilan lainya seperti gorengan atau rempeyek, semua terserah anda selera anda, yang pasti bawang dayak ini memiliki manfaat baik untuk kesehatan tubuh kita.

Sekian ulasan mengenai Khasiat Bawang dayak semoga apa yang saya sampaikan bisa bermanfaat bagi anda,


Posted By :
Ahlinya Pengobatan :
0852-2182-6910 ( Telp/Sms/WhatsAPP )
BBM D337E3B0 ( 24 JAM )
www.ahlinyapengobatan.com

0 komentar:

Posting Komentar