Bahaya Konsumsi Makanan Mengandung Tinggi Garam

Sebaiknya anda jangan terlalu banyak konsumsi makanan yang mengandung garam tinggi, para ahli mengungkapkan bahwa terlalu banyak mengkonsumsi makanan asin mengakibatkan seseorang minum air lebih sedikit.


Natrium pada garam memang memiliki manfaat yang baik untuk tubuh, terutama untuk menjaga keseimbangan asam - basa dan mengontrol tekanan osmotic cairan. Jika tubuh kekurangan natrium dapat mengganggu kesehatan seperti sering kram otot, nafsu makan menurun dan sering merasa lelah.

Namun jika terlalu banyak mengkonsumsi makanan mengandung garam yang tinggi akan mengakibatkan dampak buruk terhadap kesehatan dan terbilang fatal. Karena natrium bersifat menahan air didalam tubuh, apabila itu terjadi tentu meningkatkan volume darah yang dapat menyebabkan adanya kenaikan pada tekanan darah atau yang sering disebut hipertensi.

Dampak buruk dari hipertensi/ tekanan darah tinggi adalah resiko terkena penyakit jantung, gagal ginjal, stroke atau pecahnya pembuluh darah di otak. Garam juga dapat menyebabkan pembengkakan di bagian tubuh tertentu, karena garam mempunyai sifat mudah menyerap air

7 Makanan Yang Mengandung Natrium Tinggi


Agar tubuh tetap sehat dan terhindar dari penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi, sebaiknya anda mengontrol asupan makanan yang dikonsumsi. Berikut beberapa daftar makanan yang mengandung garam tinggi, diantaranya :

1.Sereal instan
2.Saus dan kecap
3.Makanan laut
4.Mie instan
5.Daging dan ikan olahan
6.Keju
7.Bumbu masak

Garam memang dibutuhkan oleh tubuh, namun jika terlalu berlebihan tentunya malah sebaliknya. Untuk itu jika anda sudah mengetahui makanan apa saja yang harus dihindari, semoga anda bisa tambah menjadi lebih sehat.

Sebenarnya kebutuhan garam cukup 2 gr / 1,5 sendok the garam setiap hari. Namun ironisnya, kebanyakan orang mengkonsumsi garam lebih dari itu setiap harinya. Belum ditambah makanan olahan/ cemilan yang sering dikonsumsi yang memang didalamnya mengandung kadar garam yang tinggi.

Semoga dengan mengetahui bahaya makanan yang mengandung garam tinggi, membuat anda mempertimbangkan kembali untuk mengkonsumsi makanan yang memang tidak sehat jika dikonsumsi secara berlebihan.

Artikel kesehatan lainnya:

0 komentar:

Posting Komentar