5 Tanda Gangguan Jantung yang Sering Disepelekan

Tidak sedikit orang yang terkena serangan jantung secara mendadak. Sebelum hal buruk itu menimpa anda dan keluarga, sebaiknya ketahui gangguan jantung sejak dini.
 
5 Tanda Gangguan Jantung yang Sering Disepelekan

Gangguan jantung memang banyak terjadi secara diam-diam, sehingga banyak orang tidak siap untuk mengetahuinya. Tapi akan berakibat fatal juga apabila anda tidak tahu sama sekali adanya masalah pada jantung anda, jika terlambat penanganan dapat menyebabkan kematian.

Berikut beberapa tanda jika mengalami gangguan jantung, diantaranya :

1.Disfungsi seksual

Orang banyak salah menduga bahwa disfungsi seksual hanya terjadi akibat masalah organ reproduksi saja. Padahal secara normal meskipun sudah menopause, pada wanita tidak menyebabkan gangguan kardiovaskular, namun risiko tertentu pada kesehatan jantung, seperti tekanan darah dan tingkat kolesterol dimulai saat memasuki masa menopause.

2.Mendengkur

Tahukah anda bahwa mendengkur juga dapat dikaitkan dengan adanya gangguan jantung, karena mendengkur bisa menjadi tanda dari fibrilasi atrium yang tidak teratur, yang mampu mempercepat denyut jantung dan menyebabkan aliran darah rendah. Untuk itu perlu dilakukan deteksi dan perawatan jika anda sering mendengkur untuk menurunkan risiko masalah jantung dan stroke.

3.Gusi berdarah, bengkak, sakit

Jika anda mengalami gusi yang tidak sehat sebaiknya segera melakukan pemeriksaan. Karena gusi yang sering berdarah, bengkak dan sakit merupakan gejala periodontis, yaitu infeksi serius pada gusi yang bisa merusak gusi, dan menghancurkan tulang rahang. Periodontis bisa memicu peradangan di seluruh tubuh, dan aktivitas berlebih dari peradangan berisiko kuat berkembang menjadi penyakit jantung atheroscletoric dan serangan jantung.

4.Nyeri pada pundak atau leher

Orang yang mengalami serangan jantung tidak selalu nyeri dada dan sesak nafas, banyak penderita serangan jantung yang merasakan sensasi tidak nyaman, nyeri atau tekanan di bagian leher, pundak atau rahang. Rasa sakit tersebut bisa dari tanda gejala penyakit jantung.

5.Bengkak pada kaki

Walaupun penyebab bengkak pada kaki banyak, tetapi anda perlu waspada jika mengalaminya. Apalagi jika terjadi berkepanjangan dan semakin memburuk yang di barengi beberapa gejala diatas.

Ada baiknya, jika anda mengalami salah satu dari gejala diatas. Maka jangan pernah menganggapnya sepele, karena serangan jantung dapat terjadi kapan saja dan dimana saja.

Artikel menarik lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar