Pentingnya Mempertimbangkan Efek Samping Operasi Amandel

Banyak sekali hal yang harus anda pertimbangkan ketika di vonis terkena penyakit amandel dan disarankan dioperasi. Pada anak, umumnya tindakan ini dilakukan untuk mengatasi masalah peradangan akibat amandel membengkak dan infeksi pada saluran pernafasan. Sehingga menyebabkan terhambatnya jalan pernfasan bagian atas yang sering ditandai dengan anak sering mendengkur ketika tidur.


Pembengkakan amandel terjadi karena adanya mikroorganisme atau virus yang masuk ke dalam tenggorokan yang menyebabkan infeksi. Apabila keadaan infeksi sudah parah dan berlangsung lama, dapat menyebabkan beragam masalah. Mulai dari sakit tenggorokan, nyeri saat menelan, demam, flu, pilek, sakit kepala, bau mulut, mual, dan pembesaran  kelenjar getah bening di sekitar leher. Sehingga banyak penderita amandel yang disarankan untuk segera dioperasi.

Sebelum memberikan persetujuan, sebaiknya jangan ragu untuk bertanya mengenai apa saja efek samping operasi amandel secara lengkap dan risiko komplikasi yang kemungkinan terjadi. Karena perlu anda ketahui bahwa tidak ada tindakan operasi yang bebas risiko.

Agar anda tidak merasa cemas, berikut beberapa resiko yang dapat terjadi setelah operasi amandel :
  • Sakit di area tenggorokan
Rasa sakit akibat operasi amandel dapat terasa sampai 2 hari setelah pengangkatan.
  • Pendarahan
Jika hal ini terjadi sebaiknya segera mencari perawatan medis untuk menanganinya.
  • Penginfeksian
Infeksi dapat terjadi pada bekas luka sayatan yang dapat membuat bakteri berkembang biak, dampak yang ditimbulkan jika terkena infeksi biasanya pasien mengalami demam, kelelahan, nyeri tubuh, atau sakit kepala.
  • Rasa tidak nyaman
Keadaan ini terjadi karena proses pengeringan luka bekas pembedahan. Keluhan ini akan hilang jika sudah sembuh total.
  • Nyeri THT
Biasanya gangguan yang terjadi setelah pasca operasi amandel adalah adanya nyeri pada bagian THT terutama sakit pada telinga.

Keluhan di atas bersifat individual, jika memang terjadi beberapa masalah sebaiknya langsung berikan perawatan medis agar secepatnya mendapatkan perawatan.

Berapa Biaya Operasi Amandel ?

Biaya untuk operasi amandel sangat bervariasi, tergantung teknik pembedahan dan kesulitan yang dilakukan. Namun diperlukan dana sekitar 10 juta rupiah untuk sekali operasi. Memang memerlukan biaya yang tidak sedikit, sehingga perlu kesiapan mental dan juga dana yang di butuhkan, belum termasuk biaya penginapan di rumah sakit, obat-obatan dan lainnya.

Jika memang belum ada kesiapan, namun penyakit amandel sudah membengkak dan semakin lama akan membesar. Jika keadaan sudah parah dapat menghalangi jalan nafas, sehingga mempengaruhi pasokan oksigen yang di butuhkan oleh tubuh. Jika memang anda mempunyai amandel dan belum bisa operasi atau karena alasan lain, sekarang ada pilihan alternatif untuk menyembuhkannya yaitu dengan Obat Alami Amandel.

0 komentar:

Posting Komentar