5 Manfaat Yoghurt Untuk Menjaga Kesehatan Tubuh anda !

Manfaat Yoghurt Untuk Kesehatan - Banyak cara yang dilakukan seseorang untuk menjaga kesehatan tubuh, baik itu dengan menjaga pola hidup, maupun dengan mengkonsumsi makanan dan minuman yang sehat. Salah satunya yoghurt, minuman jenis ini sangat digemari hampir oleh seluruh orang di penjuru dunia. Lantas kenapa yoghurt sangat digemari dan apa manfaatnya, simak ulasanya di bawah ini.


Yoghurt merupakan minuman atau krim yang berasal dari hasil fermentasi susu skim. Fermentasi ini menghasilkan asam laktat yang berperan sebagai protein susu untuk menghasilkan tekstur seperti gel dengan aroma dan rasa yang unik. Biasanya yoghurt diambil dari susu sapi, namun susu kerbau, kambing, bahkan ekstrak biji kedelai pun bisa dijadikan bahan olahan untuk difermentasikan menjadi sebuah yoghurt.

Selain enak, ternyata yoghurt yang rasanya asam-manis ini memiliki kandungan luar biasa, bahkan bisa mengalahkan kandungan susu murni yang notabenya sebagai bahan yoghurt. Kandungan vitamin B kompleks, kalsium (Ca) dan protein disinyalir yoghurt lebih unggul dalam hal jumlahnya, Namun, itu tergantung dari bahan dan cara fermentasinya.

Yoghurt memiliki kandungan yang cukup banyak, selain vitamin B, kalsium, dan protein, juga terdapat kandungan lain seperti: Kalori, Lemak, karbohindrat, fosfor, zat besi, serta vitamin A. Jadi tak salah jika minuman ini sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Dari sekian banyak manfaat yoghurt yang sangat baik untuk menjaga kesehatan, biasanya yoghurt bisa digunakan untuk program diet, untuk mencerahkan wajah, kesehatan pencernaan dan lain-lain. Untuk melihat lebih lanjut berikut 5 manfaat yoghurt jika anda rutin mengkonsumsinya secara kontinu. Berikut ulasanya.

  1. Menghilangkan Bau Mulut

    Bau Mulut memang sangat menggangu aktifitas sehari-hari, terlebih ketika anda sedang ngobrol, bertatap muka dengan seseorang, baik itu bosmu, temanmu, bahkan pacar tersayang kamu. Pasti jika mulut anda bau, rasa malu dan minder akan menghantui kamu dimanapun berada. Untuk mengatasi hal itu, mengkonsumsi yoghurt secara rutin ternyata dapat mengurangi resiko bau mulut yang anda derita.

    Yoghurt merupakan probiotik yang memiliki bakteri hidup bernama streptococcus thermophilus yang sangat baik untuk menjaga kesehatan pencernaan anda. Bakteri jenis ini juga mampu membunuh kuman-kuman yang berada di saluran pencernaan, mulai dari mulut, sampai usus besar. Selain itu juga sangat bermanfaat untuk menjaga kebersihan lambung dan usus anda dari serangan bakteri penyebab diare.

  2. Mengurangi Lemak Perut

    Anda punya perut buncit ? mulai sekarang, sebaiknya anda konsumsi yoghurt secara rutin. Karena yoghurt sangat baik untuk mengurangi lemak jenuh dalam tubuh anda. Ini berdasarkan hasil penelitian seorang dokter dari universitas tennesse, Amerika Serikat melakukan sebuah penelitian kepada 34 orang yang memiliki masalah berat badan.

    Dari 34 orang tersebut 18 diantarnya menggunakan pil penurun berat badan, dan 16 lainya menggunakan yoghurt sebagai asupan yang rendah kalori. Selama 12 hari, ternyata 16 orang yang mengkonsumsi yoghurt lebih unggul penurunanya yakni 5 kg dibandingkan dengan seseorang yang mengkonsumsi pil penurun berat badan dengan hanya turun 3 kg saja. Jadi betapa ampuhnya yoghurt ini untuk menurunkan berat badan anda/mengurangi lemak khususnya pada perut anda.

    Baca Juga : 4 Kebiasaan ini sebabkan Perut Buncit dan Obesitas 


  3. Menurunkan Kadar Kolesterol

    Kolesterol tinggi memang menjadi hal yang menakutkan. karena jika dibiarkan dapat beresiko terkena penyakit berat seperti, serangan jantung, stroke, sampai penyakit jantung bengkak. Oleh karena anda tak boleh membiarkan kolesterol anda tinggi tak terkendali. Yoghurt juga bisa anda gunakan untuk mengurangi/menurunkan kadar kolesterol di tubuh anda.

    Dokter spesialis gizi, Marya Haryono, Sp,GK menyebutkan bahwa yoghurt  dapat mengikat kolesterol dalam usus, sehingga kolesterol dapat dikeluarkan bersama kotoran. Yoghurt yang tinggi kalsium dikonsumsi selama 2 kali sehari mampu menurukan kadar LDL dan Kolesterol.

  4. Bermanfaat Untuk Ibu Hamil

    Bagi bunda yang sedang hamil, mengkonsumsi yoghurt tentu tidak berdampak buruk bagi kesehatan janin. Makanan susu, termasuk yoghurt, disinyalir sebagai pilihan yang sehat selama kehamilan karena mereka adalah sumber yang paling dibutuhkan dan diserap untuk memenuhi kalsium diet.

    Intinya, yoghurt sangat berguna untuk memenuhi gizi bunda dan janinya sebagai salah satu sumber kalsium yang tinggi dan vitamin serta protein untuk kesehatan bunda selama mengandung si kecil.

  5. Merawat Kesehatan Kulit & Wajah

    Yoghurt kaya akan vitamin dan asam laktat yang dapat membatu menghaluskan kulit kering, mengurangi garis halus, serta mencegah penuaan dini. Serta, sifat antibakteri dan antijamurnya berguna untuk menghilangkan jerawat dan komedo yang menjalar di wajah anda.

    Anda bisa gunakan krim yoghurt sebagai masker wajah setiap sebelum tidur atau ketika sedang memiliki waktu senggang, oleskan sampai merata terhadap wajah anda, dan tunggu hingga 30 menit. Selain dijadikan masker, anda juga bisa mengkonsumsinya secara rutin.

  6. Berguna Untuk Program Diet

    Seperti sebelumnya sudah kami singgung, bahwa yoghurt dapat menurukan berat badan, serta mampu mengurangi kadar kolesterol. Yoghurt merupakan makanan/minuman yang rendah kalori dan tinggi vitamin, sehingga sangat cocok digunakan bagi anda yang sedang menjalani program diet.

    Jika anda ingin memiliki proporsional, maka anda bisa ganti camilan sejenis seperti es krim atau minuman seperti minuman bersoda, diganti dengan yoghurt cream atau minuman yoghurt. Selain itu dengan anda mengkonsumsi yoghurt dapat membantu sistem pencernaan tetap sehat untuk  menjalani program diet yang anda lakukan

Nah, itulah ulasan kami mengenai 5 Manfaat Yoghurt Untuk Menjaga Kesehatan Tubuh anda, semoga artikel yang kami ulas ini bisa bermanfaat bagi anda.

Artikel Lainya :

Posted By :
0852-2182-6910 ( Telp/Sms/WhatsAPP )
BBM D337E3B0 ( 24 JAM )

0 komentar:

Posting Komentar