5 Pantangan Diabetes Basah Dan Kering Yang Harus Dihindari

Bagi penderita diabetes basah atau kering sebaiknya hindari makanan yang berpotensi menyebabkan gula darah naik. Jika anda terus mengkonsumsinya maka akan menyulitkan penyembuhan penyakit diabetes itu sendiri. Oleh sebab itu, jika anda terkena kencing manis, wajib anda ketahui pantangan makanan yang harus dihindari.

5 Pantangan Diabetes Basah Dan Kering Yang Harus Dihindari

Kencing manis atau diabetes merupakan penyakit yang cukup serius jika tidak ditangani secara tepat. Penyakit ini disebabkan karena kadar gula naik, akibat sistem tubuh tidak dapat memproduksi insulin atau sel-sel untuk membantu mengontrol gula darah secara kontinu.

Jika tubuh tidak cukup untuk memproduksi insulin, maka gula darah tidak bisa diserap sebagai energi. Dampaknya Gula akan menumpuk diperedaran darah. sehingga dapat menggangu kinerja organ lain.

Jika memang anda sudah positif terkena kencing manis, sebaiknya dianjurkan untuk lebih hati-hati dalam menjalankan pola hidup, salah satunya anda harus menghindari beberapa makanan dan minuman seperti yang dijelaskan dibawah ini.


Pantangan Penderita Diabetes Basah Dan Kering


  1. Makanan Yang Mengandung Karbohidrat Tinggi

    Sejatinya, tubuh membutuhkan karbohidrat untuk sumber tenaga, namun bagi penderita diabetes, sumber karbohidrat seperti nasi putih, kentang goreng, roti tinggi gula dan susu, serta sereal yang memiliki kadar gula tinggi namun rendah serat wajib anda hindari.

    Sebaliknya, untuk memenuhi sumber tenaga dari karbohidrat, pilihlah nasi merah, roti dari biji gandum utuh, serta jagung dan ubi yang dipanggang dan tidak digoreng. camilan-camilan yang tinggi serat dan rendah kalori.

  2. Daging Yang Di Goreng

    Bagi anda pecinta kuliner, sebaiknya dari sekarang anda kurangi bahkan hindari olahan daging yang digoreng atau diolah dengan bumbu rempah tinggi. Serta hindari mengkonsumsi jeroan, kulit daging, dan makanan yang pengolahanya dengan cara di goreng. Jika anda ingin makan daging, sebaiknya pilih daging yang di rebus, di kukus, serta di panggang tanpa menggunakan banyak mentega. Selain itu hindari terlalu banyak menaburkan bumbu seperti garam atau micin, karena selain berbahaya untuk gula darah juga tidak baik untuk penderita Darah tinggi .

  3. Produk Susu

    Susu memang sangat baik sebagai sumber kalsium tinggi bagi tubuh. Kecuali bagi penderita diabet, sebaiknya anda stop dulu minum olahan susu seperti susu full cream, eskrim, keju, serta produk olahan yang mengandung susu tinggi.

    Namun, anda juga bisa minum olahan susu seperti yoghurt , keju, yang memiliki kandungan rendah lemak namun rendah kalori.

  4. Minuman Yang Mengandung Kadar Gula Tinggi

    Bagi penderita diabetes, sebaiknya hindari produk minuman berkarbonasi, teh, kopi, sirup, serta minuman berperasa buah, karena memiliki kadar gula yang tinggi. Selain itu Selai buah yang sudah ditambahkan gula juga sebaiknya dihindari. Sebagai alternatif, pilihlah buah-buahan yang segar, jus buah asli yang tidak ditambahkan pemanis apa pun, atau selai yang tidak mengandung gula.

    Tak terkecuali bagi anda yang ingin minum teh sebaiknya anda gunakan teh hijau tanpa ditambah gula, serta kopi, dan coklat yang pemanisnya yang tidak terbuat gula tebu.

  5. Sayuran 

    Maksud pantangan sayuran untuk penderita diabetes disini, yakni olahan sayuran yang sudah ditambah sedemikian rupa rempah dan bumbu seperti ditambah, saus, keju, mentega, dan msg.

    Sebaliknya anda bisa konsumsi sayur ini sebagai lalap-lalapan yang pengolahanya di rebus atau di kukus. Karena Sayuran adalah sumber serat yang baik untuk kesehatan. Pilihlah sayuran yang masih fresh buka hasil pengawetan.
Itulah 5 pantangan bagi penderita diabetes basah atau penderita diabetes kering, saran kami selain menghindari makanan dan minuman tersebut, sering-sering lah cek-up darah anda supaya gula darah bisa terkontrol dengan baik, bila perlu anda bisa obati penyakit diabetes dengan cara herbal. anda bisa lihat artikel " Cara Mengobati Kencing Manis Basah Secara Alami " berikut jika anda terkena diabetes basah .

Artikel Terkait : 

0 komentar:

Posting Komentar