Penyebab & Cara Mengatasi Tensi Darah Selalu Tinggi

Stres jadinya jika harus melihat tensi darah yang selalu tinggi. Itu artinya penyakit hipertensi masih mengidap di tubuh anda. segera cari tahu penyebab dan cara mengatasinya, supaya anda tidak stres akibat penyakit ini.




Banyak faktor yang menyebabkan tensi darah selalu tinggi, baik itu faktor internal, faktor eksternal, atau faktor genetika yang menyertai anda. Darah tinggi terjadi akibat peningkatan tekanan pada dinding arteri (pembuluh darah bersih) dan penyakit ini sangat erat kaitanya dengan organ jantung dan ginjal, tak heran pada tahap yang sudah kronis darah tinggi dapat menyebabkan komplikasi yang serius pada kedua organ tersebut.

Tekanan darah tinggi dapat terjadi bila mana tekanan pada dinding arteri yang di pompa oleh jantung anda lebih dari 140/90 mmHg (milimiter per merkuri), karena seseorang yang memiliki tekanan darah normal berkisaran pada angka 120/80 mmHG.

Sampai saat ini, belum bisa dipastika inti penyebab dari penyakit hipertensi ini, namun lebih dari 90% kasus terjadi karena bertambahnya usia seseorang, selebihnya terjadi akibat pola dan gaya hidup yang kurang sehat, dan untuk lebih jelasnya anda bisa lihat ulasanya di bawah ini.

Pernyebab Penyakit Hipertensi


1.Faktor usia

Usia seseorang yang terus bertambah, menjadikan fungsi organ dan jaringan tubuh semakin berkurang produktivitasnya. Ini berlaku ketika hipertensi mulai menyerang anda. Usia yang genap 60 tahun sangat beresiko terkena penyakit ini, karena pada masa tersebut pembuluh darah mulai tidak stabil dan kehilangan elastisitasnya sebagai penyalur darah.

2.Gaya Hidup yang Kurang sehat

Kecangihan teknologi dan keanekaragaman makanan yang semakin banyak, menjadikan manusia malas dan terlelap dalam kenikmatan. Perlu diketahui pola makan yang kurang sehat, seperti terlalu banyak mengkonsumsi daging, makanan olahan, sampai terlalu banyak mengkonsumsi garam dan di barengi dengan malas berolahraga, dapat menjadi faktor pemicu paling nyata penyakit darah tinggi.

3.Memiliki Riwayat Keluarga hipertensi

Harus kita akui, faktor genetika seperti memiliki anggota keluarga yang memiliki riwayat penyakit yang sama seperti hipertensi, baik itu ayah, ibu, nenek, dan anggota sedarah, sekandung berpotensi dapat menurun terhadap anggota keluarga lainya. Namun, anda tak perlu khawatir dengan menjaga pola hidup yang sehat, serta tetap menjaga kondisi fisik anda tetap sehat, maka tidak menutup kemungkinan anda akan terhindar dari penurunan penyakit genetika tersebut.

4.Terlalu banyak pikiran (Stres)

Memikirkan suatu masalah yang cukup rumit namun tidak menemukan solusinya dan anda terus memikirkanya, itu yang dinamakan stres. Terlalu memusatkan fikiran pada suatu masalah sangat beresiko terkena penyakit hipertensi. Karena saat seperti itu fungsi hormon tidak stabil, dan alirah darah sangat cepat, sehingga terjadi ketidak seimbangan pada tubuh anda. Perlu diketahui juga, stres bukan hanya menyebabkan darah tinggi saja, tapi dapat mengundang penyakit yang lain.

5. Faktor Kegemukan

Kelebihan berat badan menyebabkan tubuh seseorang tidak produktif, dan menimbulkan berbagai macam penyakit. Selain darah tinggi, seseorang yang memiliki masalah kegemukan dapat memicu obesitas dan berpotensi mengidap gula darah yang tinggi (diabetes)

Untuk mencegah penyakit ini, sebaiknya jauhkan diri anda dari berbagai macam penyebab penyakit hipertensi tersebut. Dengan menghindari hal tersebut, bisa mengurangi tingkat resiko anda terkena darah tinggi.

Penyakit darah tinggi khusunya di indonesia masih cukup tinggi, terbukti dengan survey oleh lembaga survei indikator Kesehatan nasional (Sirkesnas) bahwa hampir 32,4% penduduk indonesia mengalami darah tinggi dan sekitar 20% lebih beresiko terkena hipertensi. Terlebih, penyakit hipertensi ini menjadi penyakit penyumbang kematian terbesar akibat komplikasi dari penyakit darah tinggi.

Darah tinggi dapat menjadi penyakit serius seperti penyakit jantung bengkak, penyakit ginjal, dan penyakit stroke. Jadi jangan anggap enteng penyakit ini.

Untuk menghindari komplikasi yang timbul akibat penyakit hipertensi, sebaiknya anda bisa lakukan cara-cara ini untuk mengatasi tekanan darah tinggi yang anda derita :

Cara Mengatasi Penyakit Hipertensi


1.Menjaga Pola Hidup Yang Sehat

Menjaga pola hidup sehat, seperti mengkonsumsi makanan yang bergizi 4 sehat 5 sempurna sebetulnya sudah cukup  bagi anda untuk mencegah berbagai macam penyakit salah satunya darah tinggi. Namun, kebiasaan ini haruslah anda lakukan secara kontinu, dan konsisten dalam melakukanya, walaupun cukup sulit, jika anda memiliki keyakinan yang kuat maka anda bisa untuk melakukan pola hidup yang sehat.

Untuk pola hidup yang sehat anda bisa mengimbangi makanan, sebaiknya untuk penderita darah tinggi disarankan untuk mengurangi asupan daging merah seperti daging sapi, kambing, kerbau sampai babi. Karena kandungan lemak jenuhnya sangat berpengaruh terhadap kesehatan jantung anda

2.Olaharaga Yang Rutin

Walaupun cara ini sudah dipaparkan oleh banyak sumber, tapi nyatanya orang sering menyepelekan kegiatan ini. Perlu anda ketahui bahwa olahraga tidak hanya sebatas main bola, bulutangkis, voly atau berenang. Jogging di pagi hari minimal 20 menit saja itu termasuk olahraga. Hal ini lebih baik dari pada anda melakukan olahraga berat 1 kali seminggu. dan jogging di pagi hari namun rutin. Minimal seminggu anda lakukan 3 sampai 4 kali, yang harus ditekankan ialah konsistensi anda dalam melakukan cara ini. Dengan berolahraga pisik dan pskis anda lebih fresh dan membantu melancarkan peredaran darah, serta mampu meregenerasi hormon baru untuk menambah semangan baru pada tubuh anda.


3.Melakukan Relaksasi Diri

Tak perlu pergi ke klub yoga, sebetulnya relaksasi bisa anda lakukan sendiri lho. Relaksasi ini berguna untuk mengurangi rasa penat, cemas dan stress di fikiran anda. Anda bisa melakukanya dengan cara bangun lebih pagi, dan jogging keliling komplek atau lapangan, lalu ketika anda sudah selesai jongging, anda bisa tenangkan diri dengan mendengar musik-musik relaksasi sampil meninkmati segarnya pagi hari.

Bagi anda saudara muslim, anda bisa gunakan ibadah shalat tahajud di sepertiga malam untuk beribadah dan menenangkan diri, dan berkeluh kesah kepada sang pencipta untuk berdoa. Pada waktu tersebut disinyalir waktu paling tepat untuk menenangkan diri, karena kondisi yang cukup tenang dan udara yang begitu bersahabat untuk menjalani meditasi.


4. Mengobati Hipertensi Dengan Obat Herbal Darah Tinggi

Jika anda sudah melakukan ketiga cara tersebut namun belum mendapatkan hasil yang signifikat, maka anda bisa gunakan obat tradisional darah tinggi. Anda bisa gunakan metode ini untuk mengobati darah tinggi yang anda derita, disamping praktis, cara ini juga lebih ekonomis untuk mengatasi tensi darah anda yang selalu naik, Berikut ulasanya => Obat Alami Menormalkan Tekanan Darah Tinggi Dengan Cepat

Itulah ulasan mengenai Penyebab & Cara Mengatasi Tensi Darah Selalu Tinggi, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda pembaca yang budiman. Semoga anda bisa mengatasi penyakit darah tinggi yang diderita secepatnya.

Artikel Terkait :

0 komentar:

Posting Komentar