Cara Mencegah Penyakit Darah Tinggi Sejak Dini

Supaya anda tidak terkena penyakit darah tinggi dikemudian hari, sebaiknya cegah dari sekarang dengan menghindari makanan berlemak dan mengetahui Gejalanya supaya anda tidak kebablasan jika suatu saat terkena penyakit ini.



Perlu anda ketahui, dewasa ini darah tinggi (hipertensi) seakan menjadi penyakit rakyat yang menjangkit mayoritas masyarakat indonesia. Terbukti, hampir 40% rakyat indonesia terjangkit penyakit ini dan 10% diantaranya beresiko terkena dikemudian hari. Oleh sebab itu, kita harus waspada dan mengetahui sejak dini, penyebab & akar masalah dari penyakit ini.

Penyakit darah tinggi sejatinya disebabkan oleh 2 faktor, pertama faktor pola hidup yang kurang sehat, dan yang kedua yakni faktor keturunan, untuk faktor keturunan ini memang sulit dihindari, namun jika anda sudah mengantisipasi sejak dini, bukan tak mungkin faktor resiko keturunan yang anda alami akan hilang, oleh sebab itu anda harus mencegah penyakit hipertensi ini sejak dini.

Anda dikatakan memiliki penyakit darah tinggi jika rata-rata tekanan darah berkisar 130-140 mmHG, dan berlanjut secara kontinu. Jika sudah begitu, selain anda terkena penyakit hipertensi juga beresiko terkena penyakit lainya, seperti terkena penyakit stroke, diabetes, sampai, jantung bengkak.

Untuk itu, tidak ada alasan lain untuk kita mencegah penyakit hipertensi sekarang juga!!

Cara Mencegah Penyakit Hipertensi

  1. Hindari Mengkonsumsi Gorengan, Jeroan, dan Kulit Ayam

    Ketiga makanan jenis ini memang memiliki lemak jenuh yang cukup tinggi, selain itu, banyak pedagang yang tidak memperhatikan kebersihan dan kehigienisan, sehingga sangat berbahaya bagi kesehatan khususnya dapat berpotensi terkena darah tinggi. Sebaiknya jika anda memakan daging ayam, jangan dimakan kulitnya, karena sumber lemak jenuh paling tinggi terletak pada kulit, dan jeroanya.

  2. Kurangi Konsumsi Daging Merah (Daging sapi, kambing, kerbau, Sampai Babi)

    Daging merah memang kaya akan protein untuk membantu pertumbuhan otot manusia. Namun, daging merah memiliki kandungan lemak lebih tinggi dibanding dengan daging ayam, sehingga jika anda terlalu banyak mengkonsumsi daging merah dapat berpotensi menyebabkan berbagaim macam penyakit, seperti : Darah tinggi, Kolesterol Tinggi, dan penyakit jantung bengkak .

    Sebagai pencegahan, sebaiknya anda kurangi porsi makannya. Atau sebagai gantinya anda bisa memperbanyak mengkonsumsi ikan, karena ikan memiliki lemak essensial yang baik untuk kesehatan jantung anda.

  3. Kurangi Garam Dan MSG

    Untuk hal ini memang cukup sulit. Karena penggunaan garam dan Msg pada masakan sudah mendarah daging dan sulit untuk dihilangkan. Garam dan msg ternyata menjadi penyebab utama yang sering disepelakan orang, natrium pada garam dan msg bersifat menahan air didalam tubuh, apabila itu terjadi tentu meningkatkan volume darah yang dapat menyebabkan adanya kenaikan pada tekanan pemompaan darah oleh jantung, jika terus menerus maka penyakit darah tinggi akan menyertai anda.
    Untuk berjaga-jaga sebaiknya anda bisa kurangi sedikit demi sedikit mengkonsumsi garam, untuk alternatif anda bisa gunakan berbagai macam rempah alami untuk menambah kegurihan masakan.

  4. Mengurangi Konsumsi Ikan Asinan

    Walaupun ikan memiliki manfaat untuk kesehatan, tapi ikan yang sudah diawetkan dengan di asinkan sangat tidak baik untuk kesehatan. Garam sebagai bahan pengawetannya menjadi alasan utama kenapa ikan asin tidak baik untuk kesehatan anda.

    Untuk mengurangi resiko bahaya dari kandungan garamnya, anda bisa rendam dulu ikan asin dengan air hangat, sampai kadar garam yang menempel pada ikan asin sedikit berkurang. Dengan cara ini akan sedikit mengurangi resiko terkena penyakit darah tinggi pada tubuh anda.

  5. Stop Merokok dan Mengkonsumsi Minuman Beralkohol

    Sebisa mungkin anda harus berhenti merokok, karena selain bersiko terkena darah tinggi, juga tidak baik untuk kesehatan jantung, dan paru-paru anda. Perlu anda ketahui, penyakit radang paru-paru, dan Jantung menjadi resiko pertama yang terjadi akibat kebiasaan merokok. Belum lagi anda yang suka mengkonsumsi minuman beralkohol, alkohol merupakan antiseptik luar yang sangat berbahaya jika harus masuk ke dalam tubuh, sehingga berdampak pada penyakit liver, karena organ hati (liver) harus terus menerus menetralisir racun akibat zat alkohol. Jika terus dibiarkan liver akan kehilangan fungsinya dan berdampak pada pembuluh darah yang terkontaminasi racun, sehingga darah tinggi menjadi penyakit menahun yang sulit di sembuhkan.

  6. Rajin Berolahraga

    Olahraga memang menjadi solusi terbaik dalam hal menjaga kebugaran tubuh anda. Bukan hanya untuk darah tinggi saja, tapi sebagai pencegah penyakit lain yang bisa menjangkit tubuh anda. Karena, jika tubuh terjaga kesehatannya, penyakit tidak mudah menyerang, karena sistem kekebalan tubuh bekerja dengan baik.

    Untuk melakukan olahraga, anda tak perlu jauh-jauh pergi ke tempat gim atau berolahraga berat. Cukup dengan jogging keliling komplek secara rutin, lebih baik dari pada olahraga berat namun jarang. Sempatkanlah anda berolahraga minimal 3x seminggu untuk menjaga kesehatan tubuh kebugaran tubuh anda tetap fit.
Gejala Penyakit Hipertensi

Berikut gejala yang sering dirasakan oleh penderita penyakit darah tinggi :
  • Pusing atau sakit kepala berat.
  • Mudah merasa gelisah.
  • Gampang marah.
  • Sering pegal leher.
  • Mudah lelah.
  • Jantung berdebar kencang.
Jika anda merasakan gejala seperti diatas, maka harus hati-hati dan waspada, Oleh sebab itu dari sekarang anda harus memperhatikan pola hidup yang dijalani.
Nah itulah tips mencegah penyakit darah tinggi menyertai anda. Namun bagi anda yang ingin sembuhkan penyakit hipertensi, sekarang sudah ada obat ampuh yang bisa menyebuhkan darah tinggi dengan cepat,pengen tahu? silakan kunjungi artikelnya di => Obat Alami Menormalkan Tekanan Darah Tinggi Dengan Cepat

Artikel Lainya

0 komentar:

Posting Komentar