Kenali Gejala Kista Ovarium Sebelum Menjadi Tumor Ganas


Sebelum anda terlambat, sebaiknya ketahui ciri dan gejala kista ovarium sedini mungkin , supaya tidak menjadi tumor ganas yang berbahaya dan sulit dihilangkan. Untuk itu, berikut saya ulas mengenai gejala ataupun ciri kista ovarium yang berpotensi menjadi ganas.

Bagi wanita, kista ovarium memang menjadi ancaman tersendiri, karena penyakit ini kebanyakan akan menyerang organ reproduksi wanita yang berpotensi menjadi penyakit ganas. Tak heran banyak yang cemas, ataupun gelisah. Namun, anda tak perlu cemas, dengan mengetahui gejala ataupun ciri-ciri kista ovarium yang jinak ataupun ganas, anda bisa meminimalisir bahaya yang ditimbulkan dari penyakit ini.

Kista Ovarium merupakan kantong berisi cairan yang terbentuk dan tumbuh di dalam indung telur rahim seorang wanita. Kista jenis ini adalah tumor jinak yang tidak berbahaya. Namun, jika dibiarkan dapat berpotensi menjadi tumor ganas yang sulit disembuhkan.

Ciri dan Gejala Kista Ovarium Yang Berbahaya atau Ganas
Penyakit Kista Ovarium

Secara umum penyakit kista ovarium dibedakan menjadi 2 jenis, ada kista ovarium fungsional. dan patologis. Keduanya memiliki perbedaan sebagai berikut :
  1. Kista Ovarium Fungsional

    Merupakan jenis kista yang tumbuh dan berkembang  karena siklus menstruasi. Jenis kista ini tidak berbahaya dan akan hilang dengan sendirinya.

  2. Kista Ovarium Patologis

    Kista jenis ini tumbuh dan berkembang karena terjadi pertumbuhan sel yang abnormal, kista jenis ini akan mengalami gejala ataupun ciri ketika mulai tumbuh, serta butuh perawatan dan pengobatan khusus. Biasanya akan menimbulkan tumor jinak, atau bahkan berpotensi menjadi tumor ganas. Untuk kista jenis ini tidak boleh dibiarkan dan butuh perawatan secara berkala.

Lantas, Apa saja Gejala Kista yang Bisa Kita Ketahui ?

Gejala kista umumnya tidak khas dan spesifik, artinya tiap individu akan mengalami gejala dan ciri yang berbeda-beda, atau bahkan ada yang tidak menimbulkan gejala sedikitpun. Cara terbaik untuk melihat pertumbuhan kista yang abnormal yakni dengan memeriksakan diri anda ke dokter kandungan terdekat, Dengan begitu, bisa dideteksi oleh alat kesehatan secara akurat.

Namun, sebelum pergi ke dokter, anda bisa mengetahui gejala dan ciri penyakit kista ovarium secara kasat mata.  Kista yang ukurannya kecil memang tidak memiliki gejala yang mencolok. Biasanya saat kista sudah membesar, adapun gejalanya sebagai berikut :

Gejala Kista Ovarium :
  • Nyeri perut bagian bawah dan semakin terasa saat berhubungan seksual
  • Nyeri panggul menyebar sampai ke pungguh dan paha bagian bawah
  • Menstruasi tidak teratur dan menyakitkan dari biasanya
  • Perut merasa kembung, bengkak dan tertekan
  • kesulitan buang air besar atau sakit saat buang air besar
  • Lebih sering buang air kecil karena tekanan pada kandung kemih terganggu
  • Mual, muntah, atau nyeri pada payudara, seperti yang dirasakan saat hamil
  • Gangguan pencernaan atau mudah kenyang padahal Anda hanya makan sedikit
Jika anda sudah terindikasi mengalami gejala seperti diatas, sebaiknya secepat mungkin lakukan pemeriksaan untuk melakukan pengobatan, karena jika terus dibiarkan, kista ovarium yang tumbuh akan semakin membesar dan berpotensi menjadi tumor ganas.

Kista yang sudah membesar dan tumbuh secara ganas, akan sangat berbahaya, disamping berpotensi mengalami kemandulan secara dini, juga berpotensi menjadi sel kanker. Tak heran jika pengobatan untuk kondisi seperti ini dengan jalan operasi (Baca : Mengenal Operasi Kista Ovarium : Informasi Biaya, Dampak & Perawatan Pasca Operasi ), Oleh sebab itu anda harus mengenali apakah, kista anda masih jinak atau sudah ganas. 

Sebagai referensi, biasanya tumor yang sudah ganas akan menimbulkan ciri dan gejala yang spesifik dan mudah dikenali. Sebagai Berikut :

Ciri Kista Ovarium Mulai Ganas

Kista yang dibiarkan tanpa adanya pengobatan dapat berpotensi menjadi tumor ganas. dan memiliki ciri sebagai berikut :

  • Benjolan Kista berdiameter 7cm/lebih
  • Semakin hari benjolan tersebut terasa membesar
  • Benjolan Di Bagian Perut bawah sudah bisa diraba
  • Haid Terasa Sakit
  • Sakit perut yang parah secara tiba-tiba/kambuhan
  • Demam disertai mual dan muntah
  • Pusing, merasa lemas dan ingin pingsan
  • Napas lebih cepat
Sebelum menjadi tumor ganas, sebaiknya anda obati sekarang juga. Anda bisa pergi ke dokter terdekat untuk melakukan pengobatan. Namun, jika ingin menyembuhkannya dengan cara alami, anda bisa menggunakan obat tradisional kista yang ampuh dan efektif sembuhkan penyakit tanpa efek samping. Untuk lebih jelasnya lagi, anda bisa kunjungi artikel berikut: Cara Mengobati Kista Ovarium Tanpa Operasi

Sekian ulasan kamai mengenai gejala kista ovarium yang bisa disampaikan. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menjadi referensi yang baik. Terima kasih.

Artikel Lainya : 

0 komentar:

Posting Komentar