Pantangan Makanan Penderita Liver Yang Wajib Dihindari

Agar penyakit liver tidak bertambah parah, sebaiknya wajib untuk menghindari pantangan makanan penderita liver. Diharapkan dengan mengontrol asupan yang masuk kedalam tubuh, bisa mempercepat proses pemulihan dan mengurangi tingkat keparahannya.


Pantangan Makanan Penderita Liver Yang Wajib Dihindari


Penyakit liver dikenal dengan penyakit kerusakan hati, penyebabnya sangat beragam. Mulai dari infeksi virus, akibat aktivitas fisik berlebihan dan juga obat-obatan kimia tertentu, lalu berkembang menjadi peradangan kronis yang membuat organ hati tidak bisa berfungsi dengan optimal.


Untuk mengupayakan agar penyakitnya tidak bertambah parah, maka anda harus mengetahui apa saja makanan yang bisa memperburuk penyakit liver. Karena fungsi utama dari organ hati ( liver ) adalah mencerna makanan dan mengolahnya menjadi sumber energi.


Pantangan Makanan Penderita Penyakit Liver

  • Makanan yang mengandung lemak tinggi.
  • Makanan olahan atau yang berpengawet.
  • Makanan yang mengandung gas.
  • Makanan bersifat panas.
  • Minuman beralkohol dan bersoda.
  • Makanan laut atau sea food.
  • Makanan yang dipanggang dan dibakar

Biasanya makanan jenis tersebut dapat memperburuk kondisi pada penderita liver, untuk berjaga-jaga agar penyakit liver tidak bertambah parah, sebaiknya untuk sementara waktu wajiba menghindari jenis-jenis makanan tersebut.


Bukan hanya menghindari pantangan makanannya saja, tetapi harus memperhatikan juga faktor pendukung lain yang tidak boleh diabaikan. Contohnya hindari rokok atau tembakau, karena asap rokok mengandung zat beracun yang mudah merusak jaringan tubuh. Bukan hanya bagi penderita liver, untuk yang sehat pun sebaiknya kebiasaan buruk ini dihindari. Karena pembuluh darah tersumbat yang sering diderita oleh penyakit jantung koroner, salah satu penyebabnya adalah asap rokok juga. Untuk itu, jika anda perokok berat mulai sekarang segera hentikan jika tidak ingin tubuh rusak dan berakibat fatal.


Salah satu rusaknya organ hati juga dipengaruhi oleh kurangnya konsumsi air putih, padahal cairan ini sangat dibutuhkan oleh organ hati dalam mencerna makanan. Kekurangan asupan cairan membuat organ hati bekerja lebih keras dalam mengolah makanan, jika hal ini terjadi secara terus menerus maka dapat terjadi kerusakan hati dan menjadikan fungsinya menjadi tidak normal.


Pantangan penyakit liver yang paling utama adalah jika tubuh kurang asupan cairan yag jika terus menerus terjadi maka dapat merusak fungsi hati karena jaringan hati dapat bekerja dengan baik ketika cairan dalaam tubu dalam kondisi memadai. Air putih dapat melumasi liver dan mempercepat proses penyaringan racun dalam tubuh agar segera dikeluarkan lewat saluran empedu menuju kelenjar kerin gat dan saluran pembuangan air seni.


Saran bacaan lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar