9 Jenis Sayuran Sebagai Penurun Darah Tinggi Yang Cepat

Jika ingin menurunkan tekanan darah tinggi yang selama ini menjangkit anda. Sebaiknya perbanyak makan sayuran, karena sangat cocok untuk penderita darah tinggi, serta dapat membantu mengendalikan tekanan darah anda supaya tetap normal.



Sayuran merupakan makanan yang kaya serat, vitamin, dan, protein, yang berdampak baik pada kesehatan tubuh manusia. Salah satunya mampu membantu anda dalam menormalkan tekanan darah tinggi pada tubuh.

Seperti anda ketahui, hipertensi merupakan penyakit yang disebabkan terlalu banyak mengkonsumsi makanan berlemak seperti, daging-dagingan, makanan siap saji, serta terlalu banyak mengkonsumsi garam yang mengandung sodium tinggi. ( Baca Juga :  Penyebab & Cara Mengatasi Tensi Darah Selalu Tinggi )

Sedangkan sayuran sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh, khususnya jenis sayuran yang memiliki kandungan serat, vitamin, magnesium dan potasium cukup tinggi. Bisa membantu anda untuk mengontrol tekanan darah supaya tidak naik/tinggi.

Lantas apa saja jenis sayuran yang bisa digunakan untuk membantu menormalkan tekanan darah tinggi ? Setidaknya 9 Jenis sayuran penurun darah tinggi ini bisa anda konsumsi sebagai cara untuk mengendalikan tekanan darah di tubuh anda terkendali. Berikut Ulasanya.

  1. Sayur Seledri

    Seledri merupakan tanaman hijau yang sangat baik untuk mengendalikan tekanan darah anda, Karena kandungan seledri seperti kalium dan zat kardisovaskular, mampu menjaga kestabilan darah di tubuh anda. Jadi, anda bisa lebih banyak mengkonsumsi seledri, baik itu secara langsung, di jus, atau dimasak menjadi sayur untuk menemani makan anda.

  2. Sayur Bayam

    Sama seperti seledri, daun bayam kaya akan kandungan kalium yang berguna untuk mengurangi efek hipertensi yang diderita. Selain itu, daun bayam mempunyai zat besi yang membuat tanaman ini kaya akan serat yang cukup tinggi.

  3. Kentang

    Selain terkenal dengan zat karbohidrat yang cukup tinggi, ternyata umbi-umbian jenis ini sangat baik untuk penderita hipertensi. Kandungan magnesium dan potassium yang dihasilkan dari kentang menjadi alasan utama. Zat ini sangat berguna bagi tubuh manusia untuk melancarkan sistem aliran darah, sehingga bagi penderita hipertensi, cukup diajurkan untuk memperbanyak makan kentang. Adapun cara mengkonsumsinya, sebaiknya diolah dengan cara direbus/dikukus.

  4. Mentium

    Mentimun memiliki kandungan asam askorbat, vitamin C, caffeic acids, dan potasium, selain untuk mata, ternyata dengan cara dikonsumsi, mentimun bisa menghilangkan efek naiknya tekanan darah di tubuh anda. Oleh sebab itu, sebaiknya sering-seringlah membuat sayur mentimun, atau dengan menambahkan pada menu makanan anda, untuk dikonsumsi sehari-hari.

  5. Kedelai

    Kedelai memiliki kandungan kalium dan mangnesium. Jadi, kedelai bisa anda gunakan untuk membantu menurunkan terkanan darah di tubuh. Pengolahan yang paling baik yakni dengan cara di buat susu. Caranya, kedelai diblender yang sudah di campur air sampai halus, lalu saring sampai mendapatkan airnya,  rebus air hasil saringan tadi sampai mendidih, lalu minum. Anda juga bisa menambahkan gula/madu sebagai pemanisanya.

  6. Buncis

    Buncis memiliki berbagai kandungan vitamin dan mineral yang sangat berguna bagi tubuh anda salah satunya untuk membantu menormalkan tekanan darah yang diderita. Sebaiknya sering-seringlah anda mengolah buncis ini sebagai makanan yang di santap sehari-hari.

  7. Tomat

    Tomat mengandung kalsium, kalium dan vitamin C. Sehingga sangat cocok digunakan untuk mengontrol penyakit hipertensi anda. Cara terbaik untuk mengkonsumsinya yakni dengan di jus, tapi anda tak boleh banyak-banyak menambahkan gula, sebaiknya bisa diganti dengan madu murni yang tak kalah manis dengan gula.

  8. Bawang Putih

    Bawang putih memiliki kandungan vitaminn A, B1, dan C, dan kaya akan zat besi dan fosfor. Bawang putih mampu mencegah terjadinya proses pembekuan darah dan penyumbatan pada saluran jantung, sehingga sangat cocok digunakan bagi anda yang ingin menjaga tekanan darah tetap stabil.

  9. Wortel

    Wortel terkenal dengan zat beta-caroten serta kalium. Dua zat ini disinyalir mampu menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah. Karena salah satu atu penyebab hipertensi yakni karena irama detak jantung yang tak beraturan. Jus wortel manjadi makanan paling baik untuk di konsumsi, karena kandungan nutrisinya masih banyak dan belum hilang. Biasanya jika sudah direbus atau di goreng, kandungan pada wortel ini akan sedikit hilang.



Nah itulah 9 sayur yang bisa anda gunakan untuk membantu menurunkan tekanan darah yang selalu tinggi. Memang cara ini belum cukup untuk menurunkan darah tinggi secara signifikan, dibutuhkan kesabaran dan konsistensi yang tinggi, bila perlu anda bisa mengkonsumsi obat untuk menormalkan darah tinggi. Jadi, selain menjaga pola makan anda, juga dibantu dengan obat tersebut Bisa mempercepat penyembuhan penyakit hipertensi yang anda derita.

Sekian dan terima kasih, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kalian semua.


Artikel Lainya :

Cara Mencegah Penyakit Darah Tinggi Sejak Dini
2 Makanan ini Sebabkan Hipertensi Tak Kunjung Sembuh

0 komentar:

Posting Komentar