Lakukan 6 Kebiasaan Sehat Ini Hanya Dengan Waktu Semenit


Kesibukan membuat seseorang lupa akan hal-hal kecil yang sebenarnya sangat penting bagi kesehatan. Terutama kegiatan berolahraga, jangan sampai kegiatan ini terlewatkan. Pasalnya seseorang yang jarang beolahraga akan rentan terkena penyakit. Setiap orang tentu ingin mempunyai tubuh yang sehat dan bugar. Penasaran bagaimana kebiasaan sehat yang dapat dilakukan agar badan tetap fresh dan tidak menganggu aktivitas Anda yang padat?

Kebiasaan Sehat Yang Bisa Dilakukan Hanya Dengan Waktu Semenit


  • Menarik nafas dalam-dalam
Kegiatan ini adalah hal yang paling mudah, selain bisa mengurangi kecepatan detak jantung, juga dapat menurunkan tekanan darah, dan mengirimkan sinyal ke tubuh untuk bisa lebih rileks. Caranya dengan ambil nafas dari hidung, tahan dan hitung sampai tiga, kemudian hembuskan melalui mulut. Ulangi aktivitas ini sebanyak lima kali maka Anda akan merasa jauh lebih rileks dibanding sebelumnya.

  • Berdiri dari duduk yang panjang
Penelitian menunjukan bahwa orang-orang yang duduk lebih lama di tempat kerjanya cenderung mengalami tekanan psikologis. Tak hanya itu, wanita yang duduk 6 jam sehari memiliki tingkat kematian 34% lebih tinggi daripada mereka yang duduk selama tiga jam. Sebaiknya luangkan waktu semenit saja untuk bangun dan berjalan-jalan ataupun melakukan peregangan ringan.

  • Pakai dental floss
Kebiasaan hidup sehat yang baik untuk membuat gigi dan mulut adalah dengan menggunakan dental floss. Penggunaannya tidak membutuhkan waktu lama, hanya dengan waktu 60 detik kebiasaan ini akan menjaga kesehatan gigi dan mulut yang lebih baik.

  • Biasakan pakai tabir surya
Luangkan waktu satu menit untuk melakukan kebiasaan ini. Perlu diketahui, bahwa meninggalkan kebiasaan ini bisa bikin kulit jadi rusak, dan membuat Anda  berisiko terkena kanker kulit.

  • Cuci tangan dengan sabun
Mencuci tangan merupakan kebiasaan sehat yang perlu diterapkan setiap harinya sebelum Anda makan. Meluangkan waktu kurang dari 60 detik (20 detik) untuk mencuci tangan tidak akan membuat waktu makanmu terbuang. Cuci tangan dengan benar dengan cara membasahi tangan dengan air bersih yang mengalir. Selain itu, gunakan sabun dan bersihkan tangan hingga ke sela-sela jari dan kuku sebelum dibilas kembali di bawah air mengalir.

  • Melakukan plank
Plank dilakukan dengan posisi seperti push up dengan meletakkan beban tubuh di kedua lengan, siku, dan kaki. Lengan diletakkan di bawah bahu dengan seluruh tubuh berada dalam satu garis lurus, tidak melengkung. Cobalah untuk memulai hari dengan melakukan plank selama 20 detik di awal latihan dan menambah waktunya di hari berikutnya. Plank adalah gerakan olahraga sederhana yang bisa Anda lakukan bahkan dalam waktu kurang dari satu menit. Jenis olahraga ini membantu menguatkan otot perut dan punggung sehingga membantu Anda untuk terhindar dari cedera.

Lakukan kebiasaan diatas setiap hari agar badan akan tetap terjaga, sehat dan bugar. Jika tidak sekarang, kapan lagi. Jangan sampai Anda menyepelekannya jika Anda ingin memiliki kualitas hidup yang jauh lebih baik.

POSTINGAN TERKAIT LAINNYA :






0 komentar:

Posting Komentar