Tips Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Kebal Dari Serangan Penyakit


Sakit seringkali menyerang siapapun. Semua orang tentu tidak ingin terkena serangan penyakit, baik ringan ataupun berat. Jika anda berfikir tentang hal yang sama, anda harus mengetahui apa saja yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh serta faktor yang dapat melemahkannya. Jika daya tahan tubuh kita lemah, peluang bagi bakteri dan virus menyerang tubuh akan semakin besar. Di sini pentingnya tips agar tubuh bugar dan kebal terhadap serangan penyakit.

Ada banyak hal yang bisa kita lakukan untuk menjaga tubuh agar tetap sehat. Berikut ulasannya.

Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Kebal Dari Serangan Penyakit


  • Istirahat cukup
Tidur yang cukup merupakan salah satu kunci dari kekebalan tubuh yang kuat. Sebuah penelitian menunjukan bahwa orang yang tidur minimal delapan jam setiap malam selama dua minggu menunjukkan bahwa tubuh lebih kebal dari serangan virus dan kuman bakteri. Sementara, orang yang kurang dari 6 jam setiap malam akan 4 kali lebih mudah mengalami flu karena virus dibandingkan orang yang tidur 7 jam atau lebih.

  • Hindari stress yang berlebihan 
Stres sudah terbukti dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh, sehingga membuat orang menjadi mudah terserang penyakit.Anda bisa coba lakukan latihan yoga atau meditasi untuk mengendalikan atau menghilangkan stres.

  • Menjaga kebersihan
Cara menjaga kesehatan lainnya adalah dengan menjaga kebersihan diri maupun lingkukan sekitar, seperti rajin mandi, cuci tangan sebelum makan selama 20 detik, menutup mulut dan hidung saat bersin atau batuk, dan rajin membersihkan rumah. Dengan begitu, Anda terhindar dari serangan berbagai penyakit.

  • Makan sayuran hijau
Sayuran hijau dan berdaun kaya akan vitamin yang membantu Anda menjaga diet seimbang dan mendukung sistem kekebalan tubuh yang sehat.Menurut sebuah peercobaan yang dilakukan pada tikus, makan sayuran criciferous, seperti brokoli, kembang kol, dan kol, dapat membantu mengirimkan sinyal kimia ke tubuh yang meningkatkan protein pada permukaan sel yang diperlukan untuk membuat kerja sistem kekebalan tubuh lebih optimal.

  • Konsumsi vitamin D
Makanan yang mengandung sumber vitamin D terbaik antara lain kuning telur, jamur, ikan salmon, ikan tuna, dan hati sapi. Anda juga bisa membeli suplemen vitamin D dan pilih yang mengandung D3 (cholecalciferol), karena ini baik dalam meningkatkan kadar vitamin D dalam darah Anda.Namun sebelum mengnsumsi suplemen, sebaiknya konsultasikan hal ini pada dokter.

  • Olahraga rutin
Anda bisa mulai dengan olahraga yang ringan seperti berjalan kaki. Olahraga dengan teratur bisa membuat Anda bugar dan langsing. Tak hanya itu juga, olahraga dapat mencegah peradangan dan penyakit kronis, mengurangi stres, serta mempercepat peredaran sel darah putih dalam melawan penyakit.

  • Stop dari berbagai kebiasaan buruk
Berbagai kebiasaan buruk yang dimaksud yaitu sering merokok, hobi minuman beralkohol, sering bergadang atau malas berolahraga. Berbagai kebiasaan tersebut dapat memicu berbagai penyakit serius di kemudian hari tanpa pernah anda sadari.

Demikian beberapa tips untuk menjaga kebugaran tubuh , serta meningkatkan stamina agar tidak mudah terkena penyakit.

POSTINGAN TERKAIT LAINNYA :









0 komentar:

Posting Komentar