Hindari 10 Kebiasaan Sepele Yang Berdampak Buruk Bagi Kesehatan


Banyak sekali kebiasaan yang sering kita lakukan dan kita anggap biasa, namun ternyata dapat menimbulkan masalah. Hal seperti ini pasti akan berdampak negatif bagi tubuh, yang awalnya dianggap baik malah justru sebaliknya. Ketika kita menjalani aktivitas sehari-hari, seringkali kita kurang menyadari apakah kebiasaan yang kita lakukan tersebut dapat merugikan kesehatan kita atau tidak. Meskipun memang kesannya tidak begitu penting, namun ternyata ada beberapa kebiasaan sehari-hari yang bisa berdampak buruk bagi kesehatan.

Untuk itu jika Anda ingin memiliki pola hidup sehat, segeralah mengubah kebiasaan seperti yang ada di bawah ini agar terhindar dari masalah kesehatan.

Kebiasaan Sepele Yang Berdampak Buruk Bagi Kesehatan


  • Terlambat makan
Menunda waktu makan, malah akan meningkatkan nafsu makan Anda di waktu setelahnya. Bisa jadi porsi Anda akan lebih banyak dari biasanya. Menunda waktu makan juga akan melambatkan metabolisme tubuh sehingga tubuh akan terasa lemas. Selain itu, menunda makan akan menyebabkan asam lambung Anda naik. Buruknya, kebiasaan ini dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit diabetes.

  • Terlalu lama duduk
Duduk dalam jangka waktu panjang dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit obesitas, diabetes tipe 2, dan penyakit kardiovaskular. Sebab duduk tidak akan menyebabkan adanya aktivitas atau gerak yang bisa membakar kalori dalam jumlah banyak. Begitu pula dengan kesehatan psikologis.

Mengatasi hal tersebut, Anda bisa melakukan aktivitas yang kuat selama 1 jam atau setidaknya cobalah untuk menggerakkan badan Anda beberapa menit setiap setengah jamnya. Dengan begitu, tubuh dan pikiran Anda tetap akan baik.

  • Mengingat-ingat stres di masa lalu
Sebuah penelitian tahun 2017 yang diterbitkan dalam Behavior Research and Therapy menemukan bahwa merenungkan suatu tekanan, masalah, atau trauma di masa lalu dapat menyebabkan gejala depresi yang meningkat. Daripada melakukan hal tersebut, lebih baik Anda menikmati waktu Anda yang berharga dan membuat rencana masa depan yang lebih baik.

  • Meremehkan bahaya polusi udara
Saat Anda bepergian keluar, apalagi menggunakan motor terkadang Anda lupa mengenakan masker. Udara yang Anda hirup saat itu, mengandung berbagai macam bahan kimia dan zat yang tidak dikenal, terutama di lingkungan kerja tertentu dan kota-kota besar.

  • Sering begadang
Jika Anda begadang hanya dalam keadaan darurat dan dilakukan sesekali itu tidak masalah. Tapi, kalau Anda melakukannya keseringan maka itu yang akan jadi perkara. Ingat! Tubuh Anda butuh istirahat. Dan tidur merupakan satu-satunya cara untuk membuat tubuh segar kembali di hari selanjutnya. Faktanya, penelitian telah menunjukkan bahwa mereka yang kurang tidur lebih berisiko menderita ketidakseimbangan hormon, kehilangan memori, dan lain-lain.

  • Ngemil di malam hari
Kebiasaan ini cukup umum di kalangan orang-orang yang gemar bergadang sampai larut malam. Biasanya makanan yang dicemil berupa snack-snack yang jika dikonsumsi secara berlebihan akan berbahaya bagi kesehatan. Memakan makanan di malam hari dapat menghambat siklus tidur Anda, meningkatkan bobot tubuh, dan lain-lain. Cara mengantisipasinya, bisa dilakukan dengan cara tidur lebih awal atau mengemil makanan yang sehat, seperti buah-buahan.

  • Menggigit kuku
Jika menggigit kuku adalah salah satu kebiasaan Anda, maka sebaiknya Anda harus berhenti melakukannya. Mengapa? Sebab kotoran yang ada di bawah kuku penuh dengan bakteri berbahaya, seperti Staphylococcus. Bakteri tersebut bisa dengan mudah masuk ke tubuh saat Anda menggigitnya yang nantinya menyebabkan penyakit. Dampak lain ialah kuku yang Anda gigit bisa rusak dari waktu ke waktu sehingga penampilan kuku jadi tidak enak dipandang. Kemudian, menggigit kuku juga merusak lapisan pada gigi.

  • Bermain Ponsel Saat Beranjak Tidur
Radiasi yang disebabkan oleh sinyal ponsel memang cukup besar. Akibat dari adanya radiasi ponsel, ahli kesehatan mengatakan, bahwa beberapa sel otak kita dapat mati akibat dari gelombang magnetik yang beroperasi di sekitarnya. Sebab itulah seseorang yang tidur dengan meletakkan ponsel di samping kepalanya dengan keadaan ponsel masih aktif, maka gangguan kesehatan pun akan terjadi.

  • Mencegah Bersin
Mencegah bersin merupakan salah satu kebiasaan buruk yang banyak dilakukan oleh beberapa orang, mungkin demi menjaga harga diri mereka. Sepertinya jika hal ini menjadi kebiasaan Anda, alangkah lebih baiknya untuk tidak meneruskan kebiasaan tersebut sebelum masalah terjadi pada organ tubuh. Karena saat menahan bersin dengan paksa, akan terjadi tekanan Intracranial dimana tekanan tersebut akan mengganggu kerja pembuluh darah ke otak. Bahkan hal buruk tersebut dapat menyebabkan sakit kepala, pusing, hingga dapat menyebabkan pembuluh darah pecah. 

  • Terlalu banyak menonton TV atau main laptop dan handphone
Meski bisa dibilang sebagai kegiatan bersantai, terlalu sering menonton TV atau main laptop menyimpan begitu banyak pengaruh negatif bagi kesehatan tubuh. Kelamaan menonton televisi atau menggunakan gadget telah dikaitkan dengan peningkatan risiko obesitas, diabetes, dan emboli paru. Selain itu, terlalu lama menonton TV dan main gadget tanpa diimbangi dengan aktivitas fisik dapat menurunkan kemampuan kognitif otak.

Nah, itulah sepuluh kebiasaan sepele yang sering dilakukan, namun berbahaya untuk diri kita. Dengan mengetahui informasi diatas maka akan membuat kita lebih berhati-hati dengan kebiasaan yang sering kita lakukan setiap hari saat beraktivitas. Semoga bermanfaat!

POSTINGAN TERKAIT LAINNYA :



0 komentar:

Posting Komentar