Manfaat Menjakjubkan Dari Cengkeh Untuk Kesehatan


Cengkeh adalah rempah serbaguna dengan rasa manis dan aroma harum yang khas.Sebagai jenis tanaman yang melimpah ruah di Indonesia, cengkeh menjadi rempah wajib untuk berbagai masakan khas nusantara. Sifat cengkeh yang hangat kerap kali digunakan untuk pembuatan berbagai minuman, namun ternyata kandungan nutrisi dalam cengkeh juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh lho!

Tangkai bunga kering ini mengandung sejumlah senyawa menyehatkan yang bisa Anda dapatkan. Kandungan alaminya berupa beberapa vitamin seperti vitamin C dan A, zat besi, kalium, natrium, fosfor, senyawa eugenol, dan masih banyak lagi. Rempah yang satu ini juga sering diolah ke dalam bentuk minyak agar dapat dengan mudah digunakan dalam segala keperluan, termasuk keperluan dalam dunia kesehatan.

Manfaat cengkeh sebagai tanaman apotik hidup untuk permasalahan berbagai penyakit, sudah tidak diragukan lagi kebenarannya. Lalu apa saja manfaatnya?

Manfaat Cengkeh Untuk Kesehatan


  • Membunuh bakteri penyebab penyakit
Cengkeh memiliki sifat antibakteri yang mampu menghentikan infeksi.Cengkeh juga membantu menjaga kesehatan mulut dengan menghentikan pertumbuhan dua jenis bakteri penyebab plak gigi dan penyakit gusi (gingivitis). Jika Anda tidak ingin mengunyah cengkeh, gunakanlah obat kumur yang mengandung ekstrak cengkeh untuk mendapatkan manfaat yang satu ini.

  • Mengendalikan kadar gula darah
Senyawa dalam cengkeh mampu meningkatkan penyerapan gula dari darah ke sel, meningkatkan sekresi insulin dan meningkatkan fungsi sel-sel yang menghasilkan insulin. Insulin merupakan hormon yang bertanggungjawab untuk memindahkan gula dari darah ke sel. Dalam kombinasi dengan diet seimbang, manfaat cengkeh bisa membantu menjaga kadar gula darah Anda.

  • Mengobati sakit maag
Sakit maag paling sering disebabkan oleh penipisan lendir lambung yang dipengaruhi oleh beragam faktor, seperti stres dan infeksi. Berbagai zat aktif seperti flavanoid ditemui pada minyak asli cengkeh. Flavanoid bekerja dengan sifat anti inflamasinya sehingga akan mengurangi peradangan/infeksi.

Sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa minyak esensial cengkeh dapat meningkatkan produksi lendir lambung yang berfungsi sebagai penghalang efek asam lambung, sekaligus mencegah erosi pada dinding lambung akibat cairan asam lambung.

  • Melindungi dari kanker
Cengkeh diperkaya oleh antioksidan eugenol untuk melawan radikal bebas dalam tubuh yang bisa memicu perkembangan kanker. Selain eugenol, cengkeh juga mengandung vitamin C sebagai antioksidan untuk membantu menetralisir radikal bebas. Kekuatan antioksidan dalam cengkeh bahkan dilaporkan lima kali lebih efektif daripada vitamin E dan jenis antioksidan lainnya.

  • Menjaga kesehatan tulang
Pengeroposan tulang dapat meningkatkan risiko Anda mengalami osteoporosis. Nah, sebuah penelitian yang dilakukan pada hewan melaporkan bahwa senyawa aktif dalam cengkeh telah terbukti membantu menjaga dan meningkatkan kepadatan massa tulang. Kandungan mangan dalam cengkeh juga membantu proses pembentukan tulang, dan sangat penting bagi kesehatan tulang.

  • Meningkatkan kesehatan hati
Minyak cengkeh dapat meningkatkan fungsi hati dan mengurangi peradangan. Penelitian menunjukkan bahwa eugenol dalam cengkeh dapat membantu meredakan gejala sirosis hati. 

Memang benar ada sederet manfaat cengkeh yang bisa Anda andalkan untuk membantu mengatasi beberapa keluhan kesehatan. Di luar aspek penggunaannya yang memang terbilang cukup umum di Indonesia, beragam manfaat ini pasti makin meyakinkan Anda untuk memasukkannya dalam bumbu dapur. Tak hanya memberikan aroma harum khas dan rasa hangat, tapi juga manfaat kesehatan akan Anda dapatkan.

POSTINGAN TERKAIT LAINNYA :







0 komentar:

Posting Komentar