Waspadai Penyebab Diare Di Pagi Hari Bisa Jadi Tanda Penyakit Kronis


Sering diare di pagi hari? Kondisi ini tentu sangat menganggu bukan? Perut yang terasa bergejolak setelah bangun tidur atau bahkan Anda terbangun dari tidur karena perasaan mulas yang tak tertahankan. Tidak jarang, banyak yang mengalami sakit perut berupa mulas dan buang air besar, yang terkadang disertai tinjai berair (diare), terutama yang bermasalah dalam pola makan.

Namun tidak hanya itu, penyebab diare di pagi hari sangat beragam, dari mulai kondisi yang sifatnya tidak berbahaya hingga tanda kondisi kesehatan kronis.

Penyebab Diare Di Pagi Hari


  • Akibat Gaya Hidup Tidak Sehat
Gaya hidup yang tidak sehat seperti kebiasaan merokok juga memicu terjadinya diare di pagi hari. Kebiasaan merokok di malam hari sebelum Anda tidur atau sesaat setelah bangun tidur bisa menjadi penyebab diare yang Anda rasakan. Hal ini dikarenakan nikotin dalam rokok bisa membuat feses menjadi lebih berair dan memicu kontraksi perut.

Tak hanya itu, mengonsumsi terlalu banyak alkohol dan kafein juga bisa menyebabkan kinerja usus menjadi meningkat. Perut akan terasa mulas dan bergejolak dan bisa membuat Anda bolak balik ke kamar mandi saat pagi menjelang.

Kebiasaan buruk seperti ngemil tengah malam juga salah satu penyebabnya. Jika Anda terbangun di malam hari untuk sekadar ngemil, Anda juga bisa mengalami diare esok paginya. Hal ini juga berlaku untuk Anda yang terbiasa mengonsumsi camilan sebelum tidur.

  • Penyebab Lainnya Yang Bersifat Sementara
Diare di pagi hari bisa terjadi akibat malam sebelumnya Anda mengonsumsi makanan kedaluwarsa yang telah terkontaminasi oleh bakteri. Salmonella adalah infeksi bakteri yang umum yang dapat menyebabkan diare di pagi hari dan biasanya berkembang setelah Anda mengonsumsi makanan atau air yang terkontaminasi.

Tak hanya itu juga, kondisi kekurangan cairan/dehidrasi bisa menjadi penyebabnya. Dehidrasi mempengaruhi keseimbangan elektrolit di dalam tubuh. Elektrolit bertugas untuk mengontrol bagaimana membran sel bekerja dan mengangkut sinyal listrik yang bisa menyebabkan otot berkontraksi. Akibatnya, jika elektrolit di dalam tubuh terlalu sedikit otot-otot usus dapat terstimulasi sehingga menyebabkan diare.

Penyebab lainnya dipicu oleh virus. Keberadaan virus tertentu seperti influenza di dalam tubuh bisa menyebabkan usus berkontraksi dan akhirnya menyebabkan diare.

  • Masalah Kesehatan Yang Berbahaya
1. Irritable Bowel Syndrome (IBS)

Kondisi ini disebut juga dengan istilah iritasi usus yang menandakan adanya gangguan pada usus besar. Biasanya kondisi ini dipicu oleh keadaan stress. Selain diare, IBS biasanya disertai dengan gejala lainnya seperti perut kembung, bergas, sembelit, kram perut, dan feses berlendir.

2. Inflammatory Bowel Disease (IBD)

Istilah ini digunakan untuk menggambarkan beberapa penyakit gangguan usus kronis seperti Crohn disease dan kolitis ulseratif. Kedua kondisi ini ditandai dengan adanya peradangan pada saluran pencernaan.Peradangan biasanya menyebar dari saluran pencernaan ke jaringan di sekitarnya dan menyebabkan luka di sepanjang lapisan usus besar. Gejala lain yang biasanya muncul selain diare di pagi hari yaitu sakit perut, penurunan berat badan secara drastis, dan kelelahan. Diare yang terjadi pada penyakit ini bisa disertai dengan darah.

Cara Mengatasi Diare Di Pagi Hari


Tindakan penanganan dilakukan sesuai dengan penyebab terjadinya. Ketika Anda menduga bahwa penyebab gejolak di perut akibat serangkaian gaya hidup yang tidak sehat maka Anda perlu melakukan beberapa perubahan untuk menghentikannya.

Kemudian, jika alergi menjadi salah satu penyebabnya maka Anda perlu lebih teliti lagi dalam memilih makanan yang Anda konsumsi.Namun, jika penyebabnya ialah kondisi yang lebih serius seperit IBS atau IBD, tandanya Anda perlu berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan pengobatan terbaik.

POSTINGAN TERKAIT LAINNYA :






0 komentar:

Posting Komentar