Cara Ampuh Dan Mudah Mengatasi Kelelahan Akibat Rematik


Gejala rematik seperti nyeri dan kaku pada bagian sendi memang bukan hanya menyulitkan penderitanya untuk melakukan aktivitas, namun juga membuat cepat lelah. Lantas bagaimana cara mengatasi kelelahan akibat rematik ini?

Rematik merupakan suatu kondisi yang terjadi akibat sistem imun tubuh yang seharusnya melawan zat asing dari luar tubuh namun malah berbalik melawan persendian tubuh yang sehat. Akibatnya daya tahan tubuh jadi merosot sehingga Anda mudah merasa kelelahan.

Jangan biarkan hal itu terjadi, sebaiknya segera atasi dengan segera, sebelum kondisi semakin parah dan terus mengganggu aktivitas harian Anda.

Cara Mengatasi Kelelahan Akibat Rematik


  • Konsumsi Cukup Air Putih
Hal ini adalah cara yang cukup sederhana. Minum air putih dalam jumlah yang cukup memiliki segudang manfaat baik bagi tubuh. Setidaknya konsumsi sekitar 2 liter (8 gelas) per hari untuk menjaga dari dehidrasi/kekurangan cairan. Tak terkecuali bagi penderita rematik, sebab dehidrasi (kekurangan cairan) dapat menyebabkan seseorang mudah mengalami kelelahan.

  • Menjaga Asupan Makanan Yang Sehat & Bergizi
Bagi Anda penderita rematik jangan pernah melewatkan ritual sarapan pagi. Gula darah tubuh akan menurun ketika bangun pagi, nah asupan gizi inilah yang dipercaya mampu meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh. Sebab jika gula darah dalam tubuh rendah, maka akan membuat penderita cepat merasa lelah.

Biasakanlah makan makanan yang bergizi seimbang dengan komposisi yang lengkap beserta sayur dan buah-buahan bisa mengoptimalkan energi pada hari itu untuk mengatasi kelelahan akibat rematik.

  • Prioritaskan Kegiatan Dengan Bijak
Mengingat penderita renatik lebih mudah merasa lelah daripada orang yang sehat. Pandai-pandailah dalam memilih dan memilah kegiatan yang akan dilakukan. Kurangi kegiatan yang dirasa kurang penting guna mengoptimalkan energi untuk melakukan kegiatan lainnya.

  • Tidur Yang Cukup
Kelelahan akibat rematik akan terasa semakin parah jika Anda terbiasa tidur larut malam atau tidak teratur. Untuk menghindari waktu tidur yang tidak baik, sebaiknya pasang alarm untuk mengingatkan kapan Anda harus tidur dan bangun pagi. Pastikan Anda mendapatkan setidaknya 7-8 jam tidur setiap malam.Pastikan lingkungan kamar tidur Anda gelap, tenang, dan sejuk agar bisa tidur nyanyak.

  • Menyeimbangkan Istirahat & Olahraga Teratur
Menurut sebuah penelitian menunjukkan bahwa aktivitas fisik rutin mampu mengatasi kelelahan akibat rematik. Selain itu, olahraga bermanfaat juga untuk menguatkan otot-otot tubuh sehingga lebih mantap menopang sendi yang rusak, meningkatkan aliran darah ke otak, serta membantu tidur lebih nyenyak di malam hari. Dengan menyeimbangkan istirahat dan olahraga yang teratur, maka tubuh Anda akan terasa lebih segar dan bugar.

POSTINGAN TERKAIT LAINNYA :


0 komentar:

Posting Komentar