Pantangan Asam Urat : Makanan Yang Wajib Dihindari Bagi Penderita Asam Urat

Bagi anda yang memiliki riwayat asam urat tinggi, sebaiknya jaga pola hidup sehat anda dengan menghindari beberapa makanan yang berpotensi menyebabkan kadar asam urat pada tubuh naik, sehingga anda bisa terkena encok yang tak kunjung sembuh.

Pantangan Asam Urat : Makanan Yang Wajib Dihindari Bagi Penderita Asam Urat


Penyakit asam urat terjadi akibat penumpukan asam urat/zat purin pada sel-sel tubuh manusia. Sehingga zat purin yang menumpuk dapat membentuk kristal-kristal tajam natrium urat berukuran mikro yang mengendap di dalam sendi atau di sekeliling jaringan sendi. Jadi ketika zat tersebut menumpuk maka imbasnya ialah rasa sakit yang mecekam pada area sendi mulai dari pergelangan tangan, kaki, sampai pada bagian pinggang.

Sebetulnya zat purin atau asam urat ini merupakan limbah yang terbentuk dari proses penguraian makanan dan akan dibuang melalui ginjal dalam bentuk urin dan sebagian lagi dibuang melalui sistem pencernaan dengan bentuk tinja.

Zat purin banyak ditemukan dibeberapa makanan yang akan kami sebutkan nanti, Jika anda terlalu banyak mengkonsumsinya maka asam urat anda akan kambuh bahkan tak sembuh-sembuh. Untuk itu sebaiknya anda hindari makanan-makanan berikut ini karena terindikasi memiliki kadar purin yang cukup tinggi. 

Makanan Yang Harus Di Hindari Untuk Penderita Asam Urat

  1. Daging
    Siapa yang tak suka daging ? lauk pauk yang satu ini memang sangat banyak digandrungi masyarakat , selain enak, makanan ini juga bagus untuk pertumbuhan seseorang. Namun, bagi penderita asam urat, sebaiknya harus menghindari makanan ini jika tak ingin encok anda terus menerus kambuh. Karena daging memiliki kadar purin yang lumayan banyak. Seperti daging sapi, kambing, kerbau, atau daging unggas. Masing-masing memiliki kadar purin, tapi untuk daging unggas disinyalir memiliki kadar purin yang lebih rendah dari pada daging merah (sapi, kambing, kerbau, sampai babi). Jadi jika anda ingin mengkonsumsi daging-dagingan maka lebih baik memilih daging unggas dari pada daging merah.
  2. Jeroan
    Jeroan disinyalir memiliki kadar purin paling tinggi, oleh sebab itu makanan ini merupakan salah satu makanan yang dilarang untuk penderita asam urat. Karena selain memiliki kadar purin tinggi, jeroan juga sangat tinggi kadar lemaknya, bukan hanya untuk penderita asam urat saja, orang sehat pun jika kesehatanya tidak ingin terganggu maka wajib menghindari makanan jenis jeroan seperti, usus, hati, otak dan sejenisnya.

  3. Seafood
    Jika anda pecinta makanan laut (seafood) mulai sekarang anda hindari atau mengurangi dalam hal mengkonsumsinya. Karena makanan laut seperti kerang, ikan asin, ikan teri, sarden, makarel (ikan kembung), tiram, udang, lobster, atau kepiting, kaya akan zat purin. Makanan seperti ini sangat tidak bersahabat bagi anda penderita asam urat, bahkan yang memiliki kadar kolesterol tinggi pun diwajibkan untuk menjauhinya.
  4. Beberapa Sayuran

    Beberapa sayuran juga memiliki zat purin seperti,  bayam, kembang kol, asparagus, kacang polong, atau jamur. Namun dari hasil riset menunjukan bahwa jenis sayuran yang memiliki zat purin seperti diatas tidak begitu berpengaruh terhadap asam urat kambuhan. Namun, bukan berati anda leluasa memakan sebanyak mungkin, tetap pada batas wajar dan tidak berlebihan dalam hal mengkonsumsinya.
  5. Minuman Beralkohol

    Jenis minuman beralkohol juga disinyalir memiliki kadar zat purin yang cukup tinggi, selain itu minuman beralkohol dapat meningkatkan resiko terkena penyakit lain seperti, tukak lambung, penyakit radang ginjal, juga dapat mengganggu sistem metabolisme tubuh seseorang. Jadi sebaiknya anda jauhi minuman jenis ini karena lebih banyak mudaratnya dari pada manfaatnya.
Nah itulah beberapa makanan yang wajib dihindari bagi penderita asam urat, sebaiknya anda mulai kurangi beberapa makanan tersebut, karena jika terus dibiarkan berdampak pada asam urat yang semakin menumpuk.
Selain menghindari beberapa makanan tadi, anda juga dianjurkan untuk melakukan kebugaran jasmani seperti berolahraga, cukup dengan jogging rutin dipagi atau sore hari, sudah memenuhi kebutuhan anda dalam membugarkan badan. Supaya terbebas dari berbagai macam penyakit yang beresiko menyerang tubuh anda.

Sekian ulasan mengenai pantangan asam urat, semoga anda mengambil manfaat dari ulasan ini.

0 komentar:

Posting Komentar