Bahaya Yang Ditimbulkan Pembengkakan Hati ( Liver )

Pembengkakan hati atau dinamakan fatty liver merupakan keadaan dimana tertumpuknya lemak dibagian hati, bahaya yang ditimbulkan dari keadaan ini tergolong serius.


Pembengkakan hati sering di jadikan anggapan akibat dari kerusakan organ hati, sehingga memberikan dampak buruk terhadap fungsi hati, sehingga organ hati tidak dapat berfungsi sebagai mana mestinya.


Inilah Bahaya Pembengkakan Hati Atau Liver

Bahaya Pembengkakan Hati


Ada banyak sekali penyebab yang menimbulkan pembengkakan hati dan bahayanya, diantaranya sebagai berikut:


  • Terlalu Banyak Mengkonsumsi Minuman Beralkohol.

  • Tidak ada toleransi bagi seseorang yang sering mengkonsumsi minuman mengandung alkohol secara berlebihan, karena kandungan etanol di minuman keras mengganggu fungsi hati dan dapat merusaknya. Dengan semakin menumpuk zat zat yang tidak sehat menumpuk di organ hati, maka sel sel didalamnya akan rusak dan tidak bisa berfungsi lagi. Apabila sudah terlanjur parah maka akan fatal akibatnya dan berpeluang menyebabkan kematian menjadi lebih besar.


  • Serangan Infeksi Virus Hepatitis.

  • Kebanyakan bengkaknya hati atau fatty liver, disebabkan oleh infeksi virus hepatitis yang merusak hati dan sering menyebabkan kegagalan fungsi hati. Sehingga organ hati tidak sanggup lagi berperanan sebagai fungsinya untuk mencerna makanan, membuang racun dan juga memproduksi antibodi. Apabila penyebab pembengkakan hati akibat dari Infeksi virus hepatitis maka akan tergolong penyakit yang bisa menular. Untuk itu penyakit ini tidak boleh diabaikan, karena apabila tidak diobati dapat menyebabkan kanker hati yang dapat mengancam jiwa.


  • Penumpukan kolesterol yang berlebihan.

  • Hati memang organ yang memiliki peranan penting tubuh, salah satu fungsinya yaitu mengubah kolesterol menjadi asam lemak. Lalu, bagaimana jadinya jika jumlah kolesterol dalam tubuh terlalu berlebihan sehingga membuat beban hati menjadi meningkat. Tentunya organ hati juga memiliki batasan maksimal dalam menjalani fungsinya, jika terus terusan bekerja lebih keras sebagai mestinya maka dapat berdampak pada kerusakan organ hati itu sendiri.


  • Gula darah tinggi atau diabetes.

  • Selain penumpukan lemak berlebih, memiliki kadar gula darah yang tinggi juga dapat mempengaruhi kesehatan organ hati. Perlu diketahui juga bahwa hati berperan untuk mengatur kadar gula darah dan mengolahnya menjadi sumber energi. Sehingga apabila anda menderita diabetes, sebaiknya segera ditangani agar tidak menyebabkan kegagalan fungsi hati yang dapat berujung pada penyakit komplikasi yang serius.


  • Faktor keracunan.

  • Organ hati memang memiliki tugas untuk membersihkan racun dari dalam tubuh, namun jika jumlah racunya cukup banyak dan tergolong keras maka organ hati tidak sanggup metralisirnya. Apabila tidak segera diobati dan semakin bertambah parah, bukan hanya akan menyebabkan pembengkakan hati, juga beresiko besar menyebabkan kematian dini.


    Bahaya pembengkakan hati memang bukan hal yang bisa di sepelekan, jika memang anda atau salah satu anggota keluarga memiliki tanda-tandanya maka segera pergi ke dokter untuk diperiksa agar bisa segera mendapatkan perawatan.


    Berikut beberapa ciri ciri orang mengalami pembengkakan hati :

    1. Kulit menunging.
    2. Adanya penurunan nafsu makan.
    3. Berat badan turun dengan cepat.
    4. Mudah sekali lelah.
    5. Perut sering mual-mual.
    6. Nyeri persendian.
    7. Muncul bau mulut & bau badan yang berlebihan.
    8. Perut bagian atas kerap terasa nyeri.
    9. Saat buang air kecil.
    10. Warna urin kuning kecoklatan.
    11. Selaput mata berubah warna menjadi kuning.

    Bagi anda yang memiliki tanda tanda seperti diatas, maka sebaiknya harus waspada dengan lebih meningkatkan pola hidup sehat dan menghindari makanan yang menjadi penyebabnya.


    Saran artikel :

    0 komentar:

    Posting Komentar