Manfaat Yogurt Untuk Mengobati Infeksi Jamur Vagina


Infeksi jamur pada vagina disebabkan oleh jamur bernama Candida Albicans yang tumbuh secara tidak normal. Sebenarnya, jamur tersebut memang tumbuh di sekitar vagina, namun dalam batas normal. Jika jumlahnya berlebih, tentu akan mengganggu kesehatan vagina. Jamur ini dapat tumbuh dan menyerang beberapa bagian tubuh seperti alat kelamin, mulut, kulit, tenggorokan, atau mengalir ke seluruh aliran darah.

Jika Anda sering menderita gatal, bahkan sangat gatal setelah mencuci vagina, hal tersebut merupakan tanda pertama adanya infeksi jamur. Vagina juga akan terasa seperti terbakar setelah buang air kecil. Gejala selanjutnya kerap dijumpai cairan putih kental yang diikuti dengan gatal-gatal atau rasa terbakar pada vagina dan yang terakhir adanya rasa nyeri atau kemerahan pada vulva.

Untuk menyembuhkan infeksi jamur pada vagina, maka keseimbangan pH vagina harus dijaga. Anda dapat memanfaatkan yogurt sebagai solusinya.

Manfaat Yogurt Sebagai Obat Infeksi Jamur Vagina


Yogurt adalah salah satu obat infeksi jamur vagina alami berkat kandungan probiotik Lactobacillusnya. Lactobacilllus adalah bakteri baik yang secara alami hidup di sistem pencernaan, saluran kemih, dan juga daerah sekitar vagina. Bakteri baik ini menghasilkan asam laktat untuk mempertahankan lingkungan dalam vagina agar tetap asam. Lactobacillus juga memproduksi hidrogen peroksida untuk menghambat perkembangan jamur penyebab infeksi vagina.

Selain itu, probiotik juga dapat meningkatkan respon kekebalan tubuh. Sistem imun yang baik bisa membantu tubuh lebih efektif untuk melawan infeksi dan menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Cara Penggunaannya


Tidak semua yogurt bisa dijadikan obat infeksi jamur. Pilihlah yogurt yang 100% alami (kalau bisa organik) tanpa tambahan perasa, pemanis, dan pewarna. Pilih juga jenis yogurt yang rendah lemak. Anda dapat mengoleskan yogurt tersebut dengan sendok atau spatula pada pembalut yang Anda gunakan siang dan malam. Ulangi selama tiga hingga tujuh hari hingga gejala infeksi jamur pada vagina menghilang. Yogurt juga dapat digunakan sebagai pengganti sabun khusus kewanitaan dengan cara mencampurkan beberapa sendok makan yogurt dengan air kemudian digunakan untuk membasuh vagina.

Kemanjuran cara ini bisa berbeda-beda untuk setiap orang, begitu pula dengan seberapa cepat waktu penyembuhannya. Anda bisa melakukan cara lain selain dengan menggunakan yogurt, yaitu dengan rutin mengonsumsi jus buah beri. Hasilnya akan jauh lebih maksimal jika Anda mengonsumsi jus buah beri segar bukan kalengan.

Cara terakhir untuk mengobati infeksi jamur pada vagina ialah dengan menjaga vagina agar tetap kering dan tidak lembap. Untuk mengobati infeksi jamur pada vagina, hindari celana, terutama celana dalam yang basah. Segera ganti jika Anda merasa celana tersebut sudah lembap.

Namun sebaiknya Anda tetap memeriksakan diri ke dokter terlebih dahulu sebelum mencoba memakai yogurt. Pasalnya gejala infeksi ini bisa sangat mirip dengan beberapa penyakit kelamin lainnnya yang mungkin lebih serius. Dengan berobat ke dokter, Anda akan tahu pasti apa penyebab gejalanya.

POSTINGAN TERKAIT LAINNYA :








0 komentar:

Posting Komentar